Interest

Jangan Diskip, Olahraga Selama Ramadhan Punya Banyak Manfaat Loh!

Dwiwa

Posted on April 9th 2022

Selama Ramadan, kita mungkin memilih untuk berhenti berolahraga karena takut dehidrasi dan lemas. Tetapi pakar kesehatan dan kebugaran justru mendorong orang untuk terus berolahraga selama Ramadan.

Namun karena Ramadan dapat menimbulkan tantangan bagi rutinitas olahraga harian, mengingat periode puasa antara matahari terbit dan terbenam, mungkin sulit untuk mempertahankan tingkat aktivitas rutin yang biasa dilakukan.

Dilansir dari The Jordan Times, pakar kebugaran, atlet dan pelatih Marah Shaweesh mengatakan dia berkeinginan untuk berlatih dengan aman dan berkelanjutan selama bulan Ramadan. Dia juga membantu para atletnya untuk melakukannya.

“Penting untuk tidak memaksakan diri. Orang-orang harus fokus menjaga kebugaran mereka dengan menciptakan rutinitas olahraga yang berkelanjutan dan aman, sambil berkonsentrasi pada makanan yang kaya nutrisi dan air,” kata Shaweesh.

Dia menekankan jika tidak ada "waktu terbaik" untuk berolahraga selama Ramadan. Sebab, dari satu orang ke orang lain itu berbeda-beda.

“Beberapa orang lebih suka berolahraga sebelum berbuka, sementara yang lain lebih suka setelahnya. Waktu tidak masalah selama orang itu bergerak, meskipun ringan, daripada tidak berolahraga, ”jelas Shaweesh.

Dia menambahkan bahwa banyak orang yang kekurangan pengetahuan tentang manfaat berolahraga selama Ramadan. Misalnya untuk penurunan berat badan, menjaga kekuatan dan daya tahan, dan mencegah kerusakan fungsi otot akibat lama tidak aktif dan istirahat, serta banyak lagi.

Sementara itu, Morad Bater - pelatih kebugaran lainnya - mengatakan kepada The Jordan Times bahwa penting untuk memulai dengan pelan pada beberapa hari pertama Ramadan selama berolahraga. Hal ini dikarenakan tubuh sedang membiasakan diri dengan sesuatu yang baru, terutama jika orang tersebut berolahraga sebelum berbuka puasa.

“Saran saya untuk orang yang berolahraga saat puasa adalah tetap berpegang pada latihan kekuatan dan kardio ringan, dan jika mereka tidak terbiasa berolahraga, lebih baik melakukan aktivitas fisik yang lebih ringan, seperti jalan kaki atau jogging,” tambahnya.

Bater menekankan bahwa berolahraga tiga kali seminggu selama Ramadan sangat ideal. Selain itu juga dia juga menyarankan untuk istirahat cukup, tetap terhidrasi dengan baik dan makan makanan bergizi. Ini akan menjaga tubuh, pikiran dan jiwa tetap ringan dan sehat selama bulan suci.(*)

Foto: Pexels/William Choquette

Artikel Terkait
Interest
Tradisi-Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia

Interest
Apakah Memang Perlu Berjalan 10 Ribu Langkah Per Hari? Ini Penjelasan Pakar...

Interest
Tips Tetap Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa