Interest

Sudah Tahu Belum, Indonesia Bakal Tambah Tiga Provinsi Baru Loh!

Dwiwa

Posted on April 8th 2022

Tiga provinsi baru akan lahir di Indonesia. Ketiganya merupakan hasil pemekaran di wilayah Papua. Dengan begitu, nantinya jumlah provinsi di Tanah Air akan bertambah dari 34 menjadi 37.

Rencana penambahan provinsi baru ini diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah. RUU ini disahkan oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dalam rapat pleno yang digelar, Rabu (6/4).

Untuk pembagian wilayahnya, beberapa kabupaten yang saat ini masuk ke dalam provinsi Papua akan masuk menjadi bagian dari ketiga provinsi anyar tersebut.

Misalnya untuk Provinsi Papua Selatan, nantinya akan terdiri dari Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Merauke. Provinsi yang akan diberi nama Ha Anim ini memiliki ibu kota Merauke.

Untuk Provinsi Papua Tengah, terdiri dari Kabupaten Puncak, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Paniai, dan Kabupaten Mimika. Nantinya, ibu kota dari provinsi yang bakal dinamai Meepago ini adalah Timika.

Sedangkan untuk Provinsi Papua Pegunungan Tengah meliputi Kabupaten Yalimo, Kabupaten Yakuhimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Nduga, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kabupaten Jayawijaya. Provinsi ini bakal diberi nama Lapago dengan ibu kota Wamena.(*)

Foto: Screen Capture Google Maps

Related Articles
Interest
Ilmuwan Serukan Pendekatan One Health untuk Iklim dan Mitigasi Penyakit

Current Issues
Ilmuwan Temukan Spesies Baru 'Hiu Berjalan' di Indonesia

Interest
Wow, Ternyata Warga Indonesia Habiskan 2 Miliar Dolar Setahun untuk Belanja Game