Current Issues

Buat Penyintas Covid-19, Suplemen Ini Penting Agar Puasa Ramadhan Makin Lancar

Dwiwa

Posted on April 7th 2022

Makanan yang dikonsumsi selama menjalani puasa Ramadhan sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, terutama bagi para penyintas Covid-19. Selain itu, tambahan suplemen atau vitamin mungkin juga diperlukan untuk membuat puasa Ramadhan penyintas makin lancar.

“Para penyintas Covid-19 harus lebih cermat dalam memilih jenis makanan dan juga tambahan vitamin atau suplemen,” jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Bonita Effendi, Sp.PD, B.MedSci, M.Epid seperti dilansir dari Antara.

Dikatakan jika penyintas Covid-19 sebaiknya memenuhi kebutuhan vitamin, seperti vitamin C dengan dosis 200-500 mg per hari, vitamin D 2000IU per hari serta vitamin B kompleks. Di luar tambahan vitamin atau suplemen, dia menjelaskan jika penyintas juga harus memenuhi pola makanan dengan gizi seimbang dan tetap terhidrasi, sama seperti orang sehat.

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah itu menjelaskan jika pemilihan menu sahur dan buka puasa harus diperbanyak makanan tinggi serat seperti buah dan sayur, gandum, lemak sehat seperti dari buah zaitun, minyak zaitun, minyak wijen dan ikan.

Bonita juga mengingatkan untuk tidak kalap ketika berbuka dan jangan makan berlebihan. Hindari pula makanan yang tinggi lemak seperti gorengan, makanan yang tinggi kandungan garam serta gula.

Untuk mencukupi energi selama puasa –dari pagi hingga sore– dianjurkan untuk tidak melewatkan sahur yang berfungsi sebagai waktu sarapan agar aktivitas tetap optimal selama puasa.

Sementara untuk menjaga tubuh terhidrasi, disarankan mengonsumsi 6-8 gelas per hari. Minum segelas air setelah bangun tidur, segelas setelah sahur, segelas ketika berbuka puasa, segelas setelah makan, segelas setelah shalat Isya, segelas setelah tarawih, dan segelas sebelum tidur.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga setidaknya tiga sampai lima kali per minggu. Setiap kali sesi olahraga juga tidak perlu lama, cukup 30-45 menit per hari.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Meski Sepele, Tiga Hal Ini Penting Untuk Menjaga Sistem Imun Bekerja Optimal

Current Issues
Tips Menjaga Kondisi Tubuh Saat Jalani Isolasi Mandiri

Current Issues
Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Lebih Cepat, Ini Syaratnya