Tech

Meta Siapkan Mata Uang Virtual Baru, 'Zuck Bucks'

Jingga Irawan

Posted on April 7th 2022

Meta, perusahaan induk aplikasi Facebook dan Instagram, kabarnya sedang mengembangkan mata uang virtual baru bernama "Zuck Bucks."

Menurut Financial Times, Zuck Bucks, yang tampaknya disebut berdasakan nama CEO Meta Mark Zuckerberg, mungkin dibuat dengan tujuan mempermudah perusahaan untuk memberi reward kepada kreator. Terutama di Instagram dan Facebook serta memberi layanan keuangan bagi pengguna lainnya.

Token virtual tersebut akan dikontrol secara terpusat oleh perusahaan, mirip dengan yang digunakan dalam aplikasi game seperti mata uang Robux di game populer Roblox.

Mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, Zuck Bucks kemungkinan juga dimaksudkan untuk metaverse dan nantinya tak didasarkan pada blockchain, namun pada sistem lainnya.

Meskipun begitu, Meta belum sepenuhnya menjauhkan diri dari produk blockchain. Karena perusahaan sedang mengerjakan Non-Fungible Token (NFT) di Facebook.

Financial Times menyebut, perusahaan berencana untuk meluncurkan percontohan itu pada pertengahan Mei, kemudian Meta akan menguji membuat keanggotaan grup Facebook berdasarkan kepemilikan NFT dan satu lagi untuk mencetak NFT. Sayangnya, perusahaan masih bungkam terkait masalan ini.

"Kami belum memiliki informasi untuk dibagikan hari ini," kata juru bicara Meta Lauren Dickson dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

“Kami terus mempertimbangkan inovasi produk baru untuk orang, bisnis, dan kreator. Sebagai perusahaan, kami fokus membangun metaverse dan itu mencakup seperti apa pembayaran dan layanan keuangan.”

So, kita harus menunggu dan melihat bagaimana Zuck Bucks atau proyek lain yang dikabarkan berjalan dengan baik dan apakah mereka dapat membantu Meta mengatasi penurunan popularitas baru-baru ini.

Tetapi satu orang terkenal tampaknya sudah menjadi penggemar berat rencana Facebook, yakni mantan CEO Twitter Jack Dorsey. (*)

Artikel Terkait
Tech
Meta Menunda Rencana Enkripsi Facebook dan Instagram Hingga 2023

Tech
Facebook Hadirkan Vanish Mode di Messenger dan Instagram

Tech
Facebook, WhatsApp, dan Instagram Pulih Setelah Down Enam Jam, Ini Penyebabnya!