Lifestyle

Catat! Ini Tanda-Tanda Terlalu Stres yang Harus Kamu Tahu

Dwiwa

Posted on April 6th 2022

Hidup tidak selamanya indah. Ada saat-saat dalam hidup ketika setiap aspek tampaknya menjadi sebuah stres yang berat. Tapi kapan sih seseorang dikatakan terlalu stres?

Dilansir dari Eat This, Not That!, Mayo Clinic menjelaskan jika stres bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Ini bisa menjadi penyebab utama kondisi kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Gejala yang harus diwaspadai

Sedikit stres, kadang-kadang, benar-benar bisa memotivasi kita untuk menyelesaikan sesuatu. Kristin Wilson MA, LPC, CCTP, RYT, Chief Experience Officer, Newport Healthcare menjelaskan jika stres adalah perasaan umum dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika ada keadaan yang memengaruhi rutinitas khas kita. Ketika stres mulai menjadi luar biasa dan berkepanjangan, itu dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik kita.

"Penting untuk mengenali kapan stres yang kalian rasakan adalah sesuatu yang lebih dari biasanya dan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menguranginya."

Tubuh kita akan mengeluarkan banyak tanda bahaya yang akan memberi tahu ketika sedang stres. Misalnya, kalian mungkin merasa lebih sering lelah atau mungkin mengalami sakit perut atau nyeri dada.

Indikator stres lainnya adalah ketika kalian menunda-nunda atau mengabaikan tanggung jawab. Selain itu, ketika stres kita juga cenderung moody atau dipenuhi dengan pikiran negatif.

Wilson menambahkan bahwa menarik diri dari teman dan keluarga, kesulitan tidur—atau bahkan tidur berlebihan, dan kesulitan mengingat, fokus, dan berkonsentrasi, semuanya menunjukkan stres.

Hal yang juga bisa menunjukkan gejala kalian terlalu stres adalah jika tiba-tiba beralih ke alkohol, obat-obatan, atau zat lain sebagai cara untuk mengobati diri sendiri. Atau kalian telah mengembangkan gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan, termasuk tics – gerakan atau ucapan berulang yang di luar kendali.

 

Ketahui kapan harus meminta bantuan profesional

Jika salah satu atau semua hal di atas terdengar menggambarkan diri kalian akhir-akhir ini, inilah saatnya untuk memberikan perhatian dan perawatan diri segera. Jangan pernah ragu untuk mencari nasihat dari seorang profesional medis.

"Jika perasaan stres ini terus memengaruhi kesehatan mental dan fisik kalian, segera cari bantuan kesehatan mental profesional, " Wilson memperingatkan.

Dia juga merekomendasikan untuk mencoba berlatih pernapasan dalam, istirahat sejenak dari aktivitas saat ini, atau berbicara dengan anggota keluarga atau teman tepercaya ketika perasaan ini pertama kali muncul.

 

Kebiasaan sehari-hari untuk menurunkan tingkat stres

Beberapa kebiasaan sehari-hari juga bisa kalian sesuaikan untuk kehidupan yang tidak terlalu membuat stres. Menurut Wilson, salah satu cara untuk membantu menurunkan tingkat stres termasuk melakukan latihan fisik.

Hal-hal mudah seperti jalan-jalan sederhana, makan makanan sehat, memastikan tidur yang cukup, terhubung dengan teman dan keluarga, dan menghabiskan waktu melakukan hobi yang memberi kita kegembiraan juga merupakan pengurang stres yang positif.

"Mengambil langkah-langkah kecil untuk meminimalkan stres dalam hidup kita dapat membuat dampak besar pada kesejahteraan dan kesehatan mental secara keseluruhan," kata Wilson.(*)

Foto: Pexels/Kelly L

Artikel Terkait
Interest
Lagi Banyak Tekanan dan Stres? Coba Cara Ini untuk Mengatasinya

Lifestyle
3 Langkah Instan Meredakan Stres Pas Lagi Hectic, Gampang Banget

Lifestyle
4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan