Interest

Biar Nggak Kehabisan, Begini Cara Mudah Tukar Uang Baru untuk Lebaran

Dwiwa

Posted on April 6th 2022

Buat kalian yang berencana berbagi THR alias Tunjangan Hari Raya dengan uang baru, Bank Indonesia (BI) telah mengoperasikan kembali layanan penukaran uang rupiah baru dan layanan kas keliling selama Ramadhan.

Dilansir dari Antara, layanan penukaran uang tunai ini akan dilaksanakan pada 4-29 April 2022. Total ada Rp 175,26 triliun uang tunai yang disiapkan BI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Untuk bentuk layanannya sendiri ada tiga, yakni penukaran uang di bomil kas keliling, penukaran uang di bank-bank, dan bisa dipesan secara online melalui aplikasi PINTAR di https://pintar.bi.go.id. Penukaran uang di mobil kas keliling BI mulai 4 April 2022 dan khusus DKI Jakarta mobil kas 15 bank tersedia pada 18-29 April 2022. Sementara untuk penukaran uang di bank-bank bisa dilakukan mulai 4-29 April 2022.

Melakukan penukaran uang dengan lebih dulu memesan secara daring tentu menjadi pilihan yang lebih aman di masa pandemi seperti saat ini. Berikut cara mudah melakukan pemesanan penukaran uang via aplikasi PINTAR.

1. Masuk halaman utama PINTAR di https://pintar.bi.go.id. Setelah itu pilih menu kas keliling.

2. Pilih provinsi, lokasi dan waktu penukaran uang melalui kas keliling yang diinginkan.

3. Isi data pemesanan meliputi Nomor Induk KTP (NIK), nama, nomor telepon, dan email.

4. Tulis jumlah lembar uang rupiah  yang ingin ditukar, sesuai batas yang ditentukan BI.

5. Setelah memperoleh bukti pemesanan, kalian bisa langsung menukarkan uang melalui kas keliling.

Untuk batas jumlah penukarannya sendiri hanya seratus lembar untuk masing masing pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. Jadi jika ditotal setiap orang bisa menukarkan hingga Rp 3,8 juta.

Pemesanan ini bisa dilakukan mulai dari H-7 sebelum jadwal pelaksanaan penukaran. Jangan lupa ketika akan menukarkan uang untuk membawa bukti pemesanan penukaran baik dalam bentuk digital atau cetak ya.

Foto: Screen Capture aplikasi PINTAR BI

Artikel Terkait
Interest
Tradisi-Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia

Interest
Mulai Bingung Mau Buka Pakai Apa? Jajanan Khas Ramadan di Indonesia Bisa Dicoba

Interest
Ramadan 2020: Wajib Ibadah di Rumah hingga Manasik Haji Online