Interest

Tips Tetap Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Dwiwa

Posted on April 5th 2022

Ramadan telah tiba, umat Muslim di seluruh dunia pun mulai melaksanakan ibadah puasa. Di bulan yang suci ini, setiap Muslim diharuskan untuk menahan berbagai hawa nafsu, termasuk haus dan lapar dari fajar hingga senja.

Tidak makan dan minum sepanjang hari selama sebulan penuh tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri, khususnya bagi yang belum terbiasa menjalankan puasa. Masalah yang sering timbul adalah, orang terlalu banyak makan atau justru terlalu sedikit saat buka dan sahur. Tentu hal ini jadi berdampak kurang baik untuk tubuh.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan seperti dilansir guardian.ng.

 

1. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa

Ketika puasa, kita hanya diperbolehkan untuk makan dan minum saat sahur dan berbuka. Hal ini sering membuat orang jadi kalap ketika berbuka puasa. Padahal, terlalu banyak makan sebelum tidur bisa memicu pertambahan berat badan.

Lebih buruknya lagi, lemak seperti ini cenderung lebih sulit untuk disingkirkan. Ini juga bisa menyebabkan sulit tidur dan penyakit gastrointestinal reflux disease (kondisi saat cairan asam lambung naik ke kerongkongan).

 

2. Tidur lebih awal

Selama Ramadan, kita cenderung untuk bangun lebih awal dari biasanya agar bisa makan sahur. Akibatnya, stres mental menumpuk di siang hari. Stres ini diperparah oleh peningkatan kadar kortisol. Tidur malam yang baik menentukan bagaimana hari itu akan berjalan.

 

3. Minum air yang cukup

Kita membutuhkan sekitar 3-4 liter air setiap hari agar fungsi organ dan sirkulasi darah tetap optimal. Jumlah ini sekitar 16 gelas air setiap hari. Selama Ramadhan, cobalah lima gelas air setiap kali makan, tingkatkan jumlahnya saat puasa Anda berlangsung. Pendekatan yang ideal untuk mencukupi carian adalah minum air sebanyak ini adalah minum dua gelas segera setelah bangun tidur, lalu minum setidaknya dua gelas setelah makan.

 

4. Makan makanan sehat

Minum sup juga dapat membantu kita tetap terhidrasi. Sayuran, buah-buahan dan jus harus menggantikan makanan asin, makanan olahan, gorengan dan makanan ringan. Piring harus mengandung protein, serat, dan, tentu saja, karbohidrat yang cukup untuk membuat kita bisa bebas beraktivitas sepanjang hari.

 

5. Makan perlahan dan kunyah makanan dengan benar

Mungkin tidak mudah untuk makan perlahan ketika kita merasa akan pingsan karena lapar. Namun, menelan begitu saja semua makanan itu bisa menyebabkan sakit perut. Tubuh membutuhkan sekitar 20 menit untuk melepaskan hormon kenyangnya, jadi kemungkinan besar kalian tidak akan menyadari sudah kenyang sampai terlambat.

Selain itu, mengunyah dengan benar membantu pencernaan. Ketika kita menelan makanan tanpa mengunyah, sebagian besar terbuang karena tidak dapat diserap saat melewati usus. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Tradisi-Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia

Interest
Jangan Diskip, Olahraga Selama Ramadhan Punya Banyak Manfaat Loh!

Interest
Mulai Bingung Mau Buka Pakai Apa? Jajanan Khas Ramadan di Indonesia Bisa Dicoba