Sport

Penyebab Kecelakaan di Mandalika dan Kondisi Terbaru Marc Marquez

Tora Nodisa

Posted on April 5th 2022

Foto: motorsport.com

Marc Marquez mendapatkan izin dari tim medis yang dipimpin oleh Dr. Sanchez Dalmau belum mengeluarkan izin untuk tampil di Austin. Setelah kecelakaan di Mandalika, Marc Marquez mengalami kasus diplopia ketiga. Menghadapi kondisi ini, pebalap Spanyol itu melewatkan putaran Argentina dan mungkin di GP Amerika. 

Juara dunia delapan kali itu menjalani evaluasi medis baru untuk melihat apakah pebalap Tim Repsol Honda itu mampu membalap di Austin. Dr. Sanchez Dalmau adalah dokter mata yang mengikuti kasus Marquez dan dialah yang akan bisa memberikan izin untuk Marquez tampil lagi. 

Dalam beberapa hari terakhir, Marc Marquez telah kembali ke gym untuk berlatih. Tandanya kali ini waktu pemulihannya akan lebih pendek daripada kecelakaan lima bulan lalu. Tetapi seberapa cepat pengembalian akan terjadi, masih ada keraguan untuk hal tersebut. 

Sementara, tim Honda tidak ingin pembalapnya absen terlalu lama. Karena pembalap pengganti Marquez, Stefan Bradl turun ke trek di Termas de Rio Hondo tidak memiliki kecepatan untuk menghadapi balapan keras ini. Pembalap Jerman itu finis di urutan ke-19 sekitar 32 detik di belakang pemenang. 

Kabar lain menyebutkan bahwa Santi Hernandez, kepala teknisi Marc Marquez, merahasiakan penyebab kecelakaan saat pemanasan MotoGP Mandalika. "Ada banyak hal yang kami lihat, tapi secara teknis tidak ada yang luar biasa. Kami tidak dapat mengatakan bahwa pada tingkat teknis ada kegagalan komponen atau kontrol yang dapat kami gunakan. Kami membuat ringkasan dari hal-hal yang terjadi dan yang penting adalah memahami apa yang terjadi di dalam tim. Ketika Marc tiba, kami akan menjelaskan kepadanya dan kami akan berbicara dengannya tentang hal itu, dialah yang harus memberikan penjelasan karena dialah yang berada di atas motor," kata Santi, dikutip dari Paddoc-GP.com.

Sampai saat ini, pihak Honda masih meyakini bahwa Marquez dalam kondisi bagus ketika meluncur di sirkuit Mandalika untuk pemanasan. Semua fungsi motornya normal, dan pihak teknisi juga mengatakan tidak ada kendala yang dialami selama persiapan. Namun kecelakaan tersebut menunjukkan bahwa mereka harus lebih teliti lagi dalam persiapan motor sebelum ditunggangi rider. Kesalahan sekecil apa pun bisa berakibat fatal. (*)

Artikel Terkait
Sport
Marc Marquez Pamit dari MotoGP Musim 2022

Sport
Stefan Bardl: Saya Benci Marc Marquez Sembuh Lebih Cepat

Sport
Marc Marquez Kecelakaan di Latihan Ketiga GP Aragon