Tech

Spotify Uji Coba Fitur untuk Promosikan Playlist Populer dari Pengguna

Jingga Irawan

Posted on April 5th 2022

Spotify sedang menguji coba fitur baru bernama "Featured Curators.” Nantinya, fitur ini bisa mempromosikan playlist populer milik pengguna di samping playlist resmi yang sudah ada di Spotify.

Namun perlu diingat, bagian Featured Creators tak menampilkan playlist dari sembarang pengguna. Perusahaan akan memilih kurator berdasarkan pengikut dan popularitas playlist mereka. Featured Curators nanti akan muncul di Beranda dalam aplikasi.

“Tujuan kami selalu menjadikan Spotify sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman mendengarkan terbaik, dan dengan uji coba ini, kami memberi pendengar cara baru untuk menemukan musik dari sesama penggemar yang terlibat seperti mereka,” kata perusahaan dalam pengumuman.

“Kami selalu menguji pengalaman dan program mendengarkan yang unik dan berbeda untuk penggemar kami, dan kami senang menyaksikan yang satu ini terungkap.”

Fitur baru ini akan memudahkan pengguna menemukan banyak playlist populer dari pengguna lain di platform. Dengan pengujian baru ini, Spotify mencatat perusahaan bereksperimen membuat playlist lebih luas setelah peluncuran playlist andalannya telah sukses besar seperti Discovery Weekly.

Spotify mengatakan sedang menguji coba fitur tersebut di pasar tertentu tetapi tak menentukan di mana tepatnya itu diluncurkan atau di perangkat mana.

Peluncuran uji coba fitur ini muncul setelah Spotify memperbarui Blend. Fitur tersebut saat ini memungkinkan dua pengguna Spotify untuk menggabungkan lagu favorit mereka dan menemukan kesamaan selera musik.

Blend akan diperbarui setiap hari dengan lagu-lagu baru berdasarkan kebiasaan mendengarkan pengguna. Minggu lalu, Spotify memperluas Blend untuk memungkinkan pengguna membuat playlist hingga 10 orang, bahkan dengan beberapa artis favorit mereka.

Perusahaan telah bermitra dengan beberapa artis, termasuk BTS, Charli XCX, Kacey Musgraves, Lauv, Megan Thee Stallion, Mimi Webb, Tai Verdes, hingga Xam. Sehingga pengguna Spotify bisa menggabungkan selera musik mereka ke dalam satu playlist Blend dengan artis kesukaan pengguna. Track putar juga akan dicocokkan dengan daftar yang berasal dari artis.

Selain bekerja dengan para artis, Spotify telah memperbarui Blend untuk memungkinkan grup anggota keluarga atau teman membuat playlist bersama.(*)

Artikel Terkait
Tech
Spotify Siapkan Fitur Community, Bisa Lihat Judul Lagu yang Lagi Didengar Teman

Interest
Ubah Aktivitas Spotify Jadi Lineup Festival Musik dengan Festify, Ini Caranya

Entertainment
Spotify Luncurkan 'Netflix Hub', Tampilkan Musik & Podcast dari Acara Netflix