Tech

Aplikasi Truth Social Milik Trump Dicap sebagai Bencana

Jingga Irawan

Posted on April 4th 2022

Donald Trump mengumumkan rencananya meluncurkan perusahaan teknologi revolusioner pada Oktober tahun lalu. Ia kemudian menciptakan aplikasi bernama Truth Social. Menurutnya, perilisan itu untuk melawan tirani teknologi besar karena sudah memblokirnya dari Twitter.

Twitter menyebut Donald Trump membuat klaim palsu kalau pemilu telah dicurangi. Dia juga telah menghasut kekerasan di Gedung Capitol pada 6 Januari 2021.

Sebagai gantinya, aplikasi Truth Social diluncurkan pada Hari Presiden, 21 Februari. Tetapi enam minggu kemudian dilanda masalah. Daftar tunggu yang berisi hampir 1,5 juta orang nggak bisa menggunakannya.

Truth Social sangat mirip dengan Twitter. Namun nggak tersedia di ponsel Android, browser web dan bagi kebanyakan orang di luar AS. Pada 21 Februari, Truth Social adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di App Store, tetapi setelah diunduh pengguna nggak bisa memakai aplikasi tersebut.

"Ini benar-benar bencana," kata Joshua Tucker, direktur Pusat Media Sosial dan Politik NYU.

Ada asumsi kalau masalah ini akan segera diselesaikan dan Trump akan mulai mem-posting sesuatu dalam beberapa hari mendatang. Tetapi hal itu belum terjadi hingga hari ini.

Sementara YouTube, TikTok, Instagram, dan Facebook termasuk di antara 10 aplikasi yang paling banyak diunduh, Truth Social berada di luar 100 aplikasi teratas.

Pengguna yang ingin log-in menyebut aplikasi itu sedikit kosong. Sebab banyak nama besar enggan terlibat. Studi lain menemukan unduhan telah turun sebanyak 95 persen. Tak sedikit pengguna yang merasa frustrasi.

"Mendaftar untuk Truth Social beberapa minggu yang lalu dan masih dalam daftar tunggu," kata seorang pengguna Twitter.

"Pada saat saya keluar dari daftar tunggu dan masuk ke Truth Social secara nyata, Trump akan menjadi Presiden lagi," canda pengguna Twitter yang lain.

Kepala eksekutif Truth Social Devin Nunes mengatakan tujuannya adalah untuk "beroperasi penuh" pada akhir Maret 2022. Tetapi aplikasi ini mengalami begitu banyak masalah telah membingungkan para ahli.

Menurut BBC, Trump dikabarkan sangat marah, menanyakan mengapa lebih banyak orang tidak menggunakan Truth Social. Mantan Presiden AS itu memiliki sekitar 750.000 pengikut tetapi belum mem-posting selama lebih dari sebulan.(*)

Foto: Drew Angerer/AFP

Artikel Terkait
Tech
Aplikasi Truth Social Milik Trump Dirilis Februari

Current Issues
Trump Segera Rilis Platform Media Sosial, Tertarik Join?

Current Issues
Belum Satu Bulan Diluncurkan, Blog Donald Trump Ditutup