Lifestyle

5 Tips Menghadapi Pacar Minta Putus Padahal Kamu Nggak Mau

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 3rd 2022

Lagi in relationship terus tiba-tiba si doi minta putus? Waduh, skenario yang sangat tidak diinginkan pastinya. Kalau kamu lagi menghadapi situasi ini, simak beberapa tips berikut seperti yang dilansir Psychology Today.

Coba pandang hubungan secara netral

Mungkin doi minta putus karena ia fokus ke hal-hal negatif yang terjadi dalam hubungan. Mungkin kita mau tetap bertahan karena fokus ke hal-hal positif dalam hubungan. Nah, sekarang kamu perlu memandang keduanya, nggak cuma salah satu sisi.

Kalau pun setelah dihitung-hitung seharusnya lebih banyak hal positif—itu tentu penilaian pribadi yang belum tentu bisa berlaku bagi orang lain. Kemungkinan si doi punya alasan sangat personal sampai minta putus dan ini perlu dipahami. Bisa jadi putus memang solusi terbaik.

Perhatikan pasangan dengan netral

Yang perlu diingat adalah ketika seseorang ingin pergi, mereka sudah gak punya lagi keinginan untuk bertumbuh bersama kita. Tentunya kita nggak mau punya pasangan yang enggan bertumbuh bersama kan? We are worthy.

Terbuka dengan masa depan

Di masa-masa sedih setelah hubungan usai, rasanya sulit membayangkan masa depan yang cerah. Namun, terkadang memang begitulah kehidupan. Percaya deh, bakal ada kesempatan lain yang terbuka ketika salah satunya tertutup. Daripada ngotot di pintu yang sudah gak bisa terbuka, lebih baik membuka pintu lain kan.

Pilih yang lebih baik

Eits, bukan berarti langsung cari pengganti si doi ya. Pilihan yang lebih baik di sini maksudnya adalah keputusan kita. Ambil keputusan yang bakal bermanfaat meski kita lagi dalam posisi yang hopeless banget. Yakinlah kalau hidup kita bakal membaik meski saat ini sedang merasakan emosi negatif.

Cari bantuan profesional

Kalau kamu nggak mampu membendung perasaan sedih, gak berharga, duka, atau perasaan lain akibat putus, nggak ada salahnya kok buat mencari bantuan profesional. Putus itu memang gak gampang. Berpisah dengan sosok yang berharga itu perubahan yang sangat besar dan bisa jadi kita perlu bantuan untuk menghadapinya.(*)

Gambar: pch.vector/Freepik

Related Articles
Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Lifestyle
5 Ciri Insecure dalam Hubungan Romantis, Cek Tanda-Tandanya pada Kalian

Lifestyle
4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar