Current Issues

Boleh Tarawih dan Itikaf, Begini Prokes yang Harus Dilaksanakan Saat di Masjid

Dwiwa

Posted on March 30th 2022

Pemerintah telah melonggarkan sejumlah aturan di bulan Ramadan tahun ini. Mulai dari diizinkannya salat tarawih hingga itikaf di masjid. Meski begitu, ada sejumlah protokol kesehatan (Prokes) yang harus dipenuhi.

Dilansir covid19.go.id, pemerintah melalui Kementerian Agama akan segera menerbitkan surat edaran (SE) terkait protokol kesehatan terkait ibadah Ramadan. Hal ini agar aktivitas ibadah selama Ramadaan bisa tetap aman dan tidak menimbulkan penularan Covid-19.

Menurut juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam keterangan pers pada Selasa (29/3), prinsipnya pengaturan ini akan tetap memenuhi aspek dasar prokes. Aspek dasar ini meliputi beberapa hal, seperti memperhatikan kapasitas maksimal, termasuk tidak membuat kerumunan di titik tertentu sebelum dan sesudah beribadah.

“Umumnya pengaturan ini diatur pemerintah daerah setempat yang mengacu kepada Surat Edaran Kementerian Agama maupun Instruksi Menteri Dalam Negeri sesuai level kabupaten/kota masing-masing,” ujar Wiku.

Selain itu, baik pengurus dan pengelola masjid/mushola maupun jamaah harus menjalankan prokes ketat dengan prinsip bahwa tidak ada tempat yang bebas dari penularan. Terkait aspek ini, pada pengaturan prokes mencakup 4 hal yaitu, menyediakan sekaligus memanfaatkan dengan baik fasilitas seperti tempat cuci tangan dan sabun atau hand sanitizer, pengukur suhu tubuh jika ada, sebelum dan sesudah melakukan ibadah.

Kemudian masker juga wajib digunakan dengan sempurna menutupi hidung dan mulut selama beribadah baik saat solat, berzikir, membaca quran, melaksanakan khutbah, maupun saat menerima/mendistribusikan infaq/zakat/sedekah. Jemaah juga dihimbau menyegerakan ibadah dan melanjutkannya di kediaman masing-masing. Selanjutnya, dibentuknya panitia khusus sebagai pengawas dan penegak kedisiplinan menjalani protokol kesehatan di area masjid dan sekitarnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan dan sirkulasi masjid/mushola dengan rutin membersihkan termasuk melakukan desinfeksi pada berbagai peralatan di dalamnya. Dihimbau para jamaah juga bisa membawa alat ibadah masing-masing agar lebih higienis. (,) 

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Ingin Tarawih di Masjid Saat Ramadan? Ini Aturan yang Harus Kamu Patuhi

Current Issues
Kasus Covid-19 Meningkat, Masyarakat Diminta Siaga dan Tetap Disiplin Prokes

Current Issues
Minggu Depan Ramadan, Aman Nggak Ya Kalau Divaksin Saat Puasa?