Tech

TikTok Uji 'Watch History’, Mudahkan Pengguna Cari Video yang Sudah Ditonton

Jingga Irawan

Posted on March 29th 2022

TikTok kelihatannya memahami penderitaan pengguna yang sering lupa menyimpan video yang disukainya. Plus, bagi kalian yang nggak sengaja refresh timeline.

Dilansir The Verge, Senin (28/3), perusahaan sedang menguji fitur watch history (tiwayat tontonan) baru yang bisa menyelamatkan kalian karena frustrasi saat mencoba menemukan video sudah kalian tonton sebelumnya.

Konsultan media sosial Matt Navarra me-retweet temuan uji coba tersebut dari pengguna Twitter bernama Hammod Oh. Keduanya memang sering menggali fitur terbaru di berbagai platform media sosial. Tangkapan layar Hammond Oh menunjukkan opsi watch history akan muncul di bawah content and activity (konten dan aktivitas) pada bagian pengaturan aplikasi.

Masih belum banyak detail tentang seperti apa tampilan laman watch history atau seperti apa bagian tersebut mengompilasi video yang tonton sebelumnya.

Namun yang pasti, nggak adanya tombol riwayat tontonan telah membuat sebagian besar pengguna memakai cara agak rumit. Misalnya, beberapa pengguna harus meninggalkan jejak agar bisa menemukan lagi video yang sudah ditonton, seperti memberi like video tersebut agar masuk ke daftar like.

Ada juga cara lain seperti menyaring hasil pencarian berdasarkan video yang telah dilihat, dan langkah-langkah yang mengharuskan kalian mengunduh semua data TikTok hanya untuk menemukan satu video. Jika TikTok benar-benar hadir dengan fitur tersebut, tentu akan menghemat banyak waktu dengan proses yang lebih simple. (*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Instagram Bakal Hapus Tombol Shop di Beranda Pada Februari Mendatang

Tech
TikTok Uji Coba Fitur ‘Clear Mode’, Bisa Lebih Jelas Tonton Konten di Aplikasi

Tech
TikTok Tambah Perlindungan Privasi dan Batasi Pemberitahuan untuk Remaja