Interest

Gagas Aplikasi FICATIONS, Mahasiswa UNAIR Raih Juara 2 Lomba Esai Nasional

Dwiwa

Posted on March 27th 2022


Astandi dinoryan, Afrohiyatid Diniyah, dan Roval Romadhon juara 2 Lomba Esai Nasional.

Tiga mahasiswa Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) berhasil menjadi juara 2 Lomba Esai Nasional. Prestasi membanggakan ini didapat oleh Astandi dinoryan, Afrohiyatid Diniyah, dan Roval Romadhon.

Dilansir dari Unair News, dalam lomba yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka tersebut, ketiganya berhasil menyabet juara 2 berkat gagasan berupa aplikasi FICATIONS (Filanhtropy Education System).

Menurut Astandi yang merupakan ketua tim, aplikasi tersebut merupakan media pembelajaran tentang filantropi ekonomi syariah untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain sebagai media pembelajaran, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk praktik ilmu filantropi syariah dengan cara menyalurkan dana zakat dan wakafnya melalui aplikasi FICATIONS.

“Nantinya dana tersebut (hasil penyaluran ke aplikasi FICATIONS) dapat diproduktifkan untuk membantu pembiayaan UMKM lemah,” Ujarnya.

Astandi mengungkapkan latar belakang pembuatan aplikasi ini adalah karena melihat minimnya pengetahuan terkait filantropi syariah di kalangan siswa SMA sederajat. Padahal menurutnya, filantropi syariah sangat dibutuhkan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi dengan cara memanfaatkan zakat dan wakaf produktif.

Dalam proses pembuatannya, Astandi mengaku timnya sangat kooperatif. Keberhasilan mereka menjadi juara itu pun berhasil didapatkan berkat kerja sama dan niat belajar.

“Kami melakukan kerja sama dengan cara membagi jobdesk pekerjaan, dengan begitu semua anak mendapat pengalaman menulis secara langsung,” ucap mahasiswa yang menjadi ketua divisi keilmuan himpunan mahasiswa ekonomi islam UNAIR.

Dia juga merasa bangga mengikuti ajang tersebut karena dapat belajar banyak hal. Rasa bangga itu semakin bertambah saat timnya keluar sebagai juara dalam kompetisi lomba esai tingkat nasional tersebut.

“Rasanya senang, bangga, dan bahagia karena bisa membawa nama baik prodi serta Universitas Airlangga ke ranah lomba tingkat nasional,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Filantropi syariah atau filantropi islam merupakan praktik kedermawanan dalam ajaran islam. Filantropi islam dapat berupa zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Praktik itu sangat diperlukan dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi ketimpangan di masyarakat.(*)

Foto: Unair News

Artikel Terkait
Interest
Tiga Mahasiswa Unair Gagas Ide Smartwatch untuk Cegah Kekerasan Seksual

Interest
Mahasiswa FTMM Unair Berhasil Meraih Prestasi Internasional

Interest
Inovatif! 3 Mahasiswa Unair Ciptakan Bahan Bakar Alternatif Dari Sekam