Entertainment

Film Keanu Reeves Dihapus dari Platfom Streaming Tiongkok

Jingga Irawan

Posted on March 26th 2022

Platform streaming Tiongkok, termasuk video Tencent dan iQiyi, melakukan take down untuk film dan konten video yang dibintangi aktor Keanu Reeves. Hal itu terjadi lantaran Reeves berpartisipasi dalam konser terkait Tibet yang diselenggarakan oleh organisasi yang didirikan Dalai Lama.

Menurut South China Morning Post, karya-karya besar aktor asal Kanada itu, seperti The Matrix dan John Wick, termasuk di antara film-film yang telah dihapus. Dilaporkan terpisah oleh Los Angeles Times, setidaknya 19 film milik Reeves ditarik dari video Tencent.

Meskipun konten yang terkait dengan film The Matrix dan beberapa karya Reeves lainnya masih dapat dicari di WeChat, banyak platform video lainnya yang tak menampilkan hasil pencarian filmnya.

iQiyi dan Tencent, perusahaan induk yang memiliki video Tencent dan WeChat, belum menanggapi kabar yang ramai dibicarakan.

Pada akhir Januari, Reeves menerima kritik berat dari pengguna media sosial Tiongkok. Beberapa di antaranya menyerukan boikot karyanya di Tiongkok, setelah muncul kabar ia berencana untuk hadir dalam konser 3 Maret yang diselenggarakan oleh Tibet House US. Itu merupakan organisasi nirlaba di New York yang didirikan atas permintaan Dalai Lama, pemimpin spiritual Buddhisme Tibet.

Reeves berpartisipasi dalam konser yang diadakan secara virtual itu sehingga menimbulkan lebih banyak kritik secara online.

Tiongkok telah memiliki sejarah panjang dengan wilayah Tibet. Beijing menuduh Dalai Lama, yang sekarang diasingkan di India, memimpin separatisme di wilayah Tibet dan menolak mengakui Panchen Lama versi Tiongkok yang saat ini dianggap oleh Partai Komunis Tiongkok sebagai tokoh agama tertinggi di Tibet.

Tiongkok telah memerintah wilayah Tibet sejak 1951, setelah pasukan pembebasan rakyatnya mengambil kendali atas wilayah tersebut.

Selain Keanu Reeves, banyak public figure lainnya yang telah boikot dari media sosial Tiongkok dan platform video setelah membuat komentar mengkritik tindakan Tiongkok di Tibet. Salah satunya adalah pemain NBA Enes Kanter yang pada saat itu bermain untuk Boston Celtics.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Belum Langganan Netflix? Coba Dulu Tontonan Gratisnya...

Entertainment
Keanu Reeves Melompat dari Gedung 20 Kali Saat Syuting The Matrix Resurrections

Entertainment
Scener, Web Nonton Film atau Video Online Bareng Teman, Cocok buat Tahun Baru