Sport

"MAMBACITA", Sepatu yang Mengubah Pendirian Vanessa Bryant untuk Nike

Tora Nodisa

Posted on March 26th 2022

Foto: Complex

Bagi kalian penggemar Kobe Bryant tentu sudah tahu perkembangan terbaru soal kerjasama Nike dan pihak pewaris Kobe, yang diwakili oleh Vanessa Bryant. Istri mendiang legenda Los Angeles Lakers ini kembali menandatangani kerjasama dengan Nike, setelah terputus pada tahun 2021 lalu. Namun kira-kira apa yang membuat Vanessa berubah pikiran? Yuk simak kisahnya. 

Pada bulan Juni 2021, melalui akun Instagram pribadinya, Vanessa Bryant mengumumkan bahwa dirinya memutuska untuk tidak lagi memperpanjang kerjasama dengan Nike. Kala itu, ada indikasi bahwa Vanessa akan mengembangkan produk mereka sendiri. Produk yang identik dengan Kobe Bryant, tanpa bantuan dari produsen olahraga. Padahal kita tahu bahwa selama ini produk Kobe sudah terpatri sebagai milik Nike. 

Ternyata, pada saat itu, ada hal yang tidak diceritakan. Hal tersebut adalah sebuah sepatu yang dirancang khusus untuk menghormati mendiang Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada tahun 2020. Vanessa enggan menjualnya karena tidak ingin sepatu tersebut mengingatkan luka mendalam akibat kehilangan orang-orang yang dicintainya. 

Foto: NBC News

Prototipe sepatu tersebut sudah jadi, dan mungkin produksi massal sudah telanjur dilakukan. Nike memang tidak menjual sepatu ini ke pasaran. Namun karena sudah dibuat, maka mereka memberikan ke orang-orang khusus, seperti bintang-bintang NBA. Sementara Nike sendiri masih punya masa kontrak yang memberikan mereka keleluasaan untuk menghabiskan produk Kobe di gudangnya. 

Di saat sepatu tersebut muncul lagi, Vanessa akhirnya mengubah pendiriannya. Selain sepatu bernama "MAMBACITA" tersebut, Vanessa mungkin merasa bahwa Nike Kobe masih dicintai para penggemar sneakers, khususnya di ranah bola basket. Dan, sepertinya pengembangan merek sendiri yang direncanakan Vanessa tidak berjalan sesuai rencana.

Foto: Sneaker Bar Detroit

Akhirnya Vanessa Bryant, bertemu dengan Nika, dan tercapailah kesepakatan baru. "Kami sangat senang mengumumkan kemitraan kami dengan Nike akan berlanjut," kata Vanessa, dalam sebuah posting Instagram Kamis (25/3) waktu Amerika Serikat.

Nike Kobe 6 Protro "MAMBACITA", sepatu untuk menghormati ayah dan anak perempuannya akan tersedia di pasaran secara global. Vanessa Bryant mengatakan lebih lanjut kalau 100 persen dari hasil dari sepatu Gigi akan disumbangkan ke Mamba dan Mambacita Sports Foundation, yayasan amal nirlaba yang pada tahun 2020 diganti namanya untuk menghormati Gianna.

Nike juga akan bekerja sama dengan Vanessa Bryant untuk mengembangkan "pusat bola basket pemuda di California Selatan yang akan berbagi Mentalitas Mamba dengan atlet muda untuk generasi mendatang," katanya.

Foto: NBC News

Perjanjian baru ini menandai titik balik hubungan Vanessa Bryant dengan Nike. Jadi hal yang membuat Vanessa Bryant berubah sikap adalah melihat foto-foto orang yang memiliki sneakers khas yang didedikasikan untuk mendiang suami dan putrinya. Dan, kini semua sudah berakhir dengan bahagia.

"Saya tahu ini adalah momen yang menginspirasi bagi penggemar suami dan putri saya, dan saya sangat menghargai Anda semua!". (*)

Artikel Terkait
Sport
Vanessa Abadikan Kenangan tentang Gianna dan Kobe Bryant Lewat Tato

Sport
Nike Rilis "Mambacita" di Hari Ulang Tahun Gigi Bryant

Entertainment
So Sweet, Putri Sulung Kobe Bryant Dapat Cardigan “Folklore” dari Taylor Swift