Korea

Steven Spielberg Dikritik Usai Sebut Pemain 'Squid Game' Tidak Terkenal

Delima Pangaribuan

Posted on March 24th 2022


Sutradara Steven Spielberg menimbulkan kontroversi dengan pernyataan teranyarnya. Spielberg menyebut para pemain Squid Game sebagai 'unknown people' alias orang-orang nggak terkenal.

Dilansir AllKpop, Steven Spielberg menjadi salah satu pembicara dalam panel Producers Guild of America (PGA) Awards. Di panel tersebut, Spielberg mengomentari bagaimana Netflix memberikan kesempatan bagi lebih banyak aktor dan aktris pemula maupun yang kurang terkenal untuk tampil dalam film dan serial mendunia. Salah satunya Squid Game.

"Zaman dulu, artis-artis yang terkenallah yang membawa audiens untuk menonton sebuah film. Hari ini, sangat menarik bahwa orang-orang yang tidak terkenal juga membintangi miniseri secara keseluruhan, juga bisa membintangi film," papar Spielberg.

Pernyataan ini pun menimbulkan gejolak di kalangan audiens yang menggemari Squid Game. Audiens ini menganggap pernyataan Spielberg tersebut merendahkan, mengabaikan fakta bahwa para pemain Squid Game bukanlah orang yang nggak terkenal. Fans marah karena Spielberg seolah menganggap aktor dan aktris di luar Hollywood sama dengan nggak terkenal, nggak peduli bahwa di negara mereka masing-masing mereka adalah superstar.

Contohnya Lee Jung Jae dan Park Hae Soo. Kedua aktor ini tergolong senior di Korea Selatan dan aktif bahkan sebelum tahun 2000-an. Berbagai penghargaan sudah mereka raih dan mereka termasuk aktor paling populer di Korea Selatan maupun Asia. 

Lee Jung Jae telah membintangi banyak film sukses bahkan sebelum Squid Game. Park Hae Soo juga tampil di berbagai judul serial dan film Korea yang mendunia, seperti Prison Playbook. Dia pun akan bermain dalam drama Korea Money Heist yang diadaptasi dari Money Heist Spanyol.

Fans pun mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap pernyataan Spielberg melalui media sosial, khususnya Twitter. "Steven Spielberg sepertinya perlu pensiun. Dia sangat terjebak pada privilesenya di Hollywood sampai tidak sadar bahwa bintang-bintang dalam Squid Game sudah populer dan disukai di industri film Korea karena berbagai pencapaian mereka," cuita @laidbackspoo.

"Koreksi: Squid Game membuktikan bahwa orang-orang Hollywood sangaaattt tertinggal dalam hal mengenali dan merayakan talenta-talenta serta kemampuan bercerita dalam serial televisi/film Korea Selatan," komentar Nancy Wang Yuen lewat Twitter-nya @nancywyuen.

Penulis The Korea Herald Hyunsu Yim juga berkomentar sarkastis. "Korea: membuat film dan serial TV yang disukai oleh negara-negara lain selama dua dekade dan masih berlanjut. Hollywood: 'Rasanya senang melihat orang-orang random ini yang muncul entah dari mana mendapatkan kesempatan karena platform dari kami'," cuitnya. (*)

(Foto: AllKPop)

Artikel Terkait
Korea
Cerita Lee Yoo Mi yang Urungkan Niat Operasi Hidung Berkat BTS

Korea
2021 People’s Choice Awards: BTS Masuk 4 Nominasi, Squid Game Duduki Kategori TV

Korea
Berkat 'Squid Game', Jung Ho-yeon Jadi Aktris Korea dengan Follower IG Terbanyak