Lifestyle

5 Perilaku yang Secara Gak Sadar Merusak Hubungan Romantismu

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 23rd 2022

Siapa nih yang pernah beberapa kali in relationship, tapi berujung gagal? Nah, kalau kamu berkali-kali gagal dalam hubungan, coba deh cek apakah kamu melakukan perilaku-perilaku destruktif ini, seperti yang dilansir Psychology Today.

Nggak membicarakan dari awal tujuan hubungan

Ada orang yang hangout sekadar mengisi waktu, sekadar mencari teman, atau memang mencari pasangan. Nah, perlu dipastikan dulu nih orang yang kita temui punya tujuan yang sama dengan kita. Jangan sampai kita punya persepsi yang berbeda karena proses yang dijalani bakal sia-sia.

Berusaha meredam emosi negatif

Perasaan yang muncul ketika bersama seseorang itu informasi yang penting perihal orang tersebut. Kalau kamu merasa nggak aman atau kurang nyaman dengan orang tersebut, lebih baik evaluasi lagi keputusanmu menjalin hubungan dengan orang itu.

Menghindari percakapan tentang komitmen

Sebelum menjalin hubungan, refleksikan dulu deh apa yang mau kamu dapatkan dari sebuah hubungan. Setelah tahu apa yang kamu mau, komunikasikan juga dengan si doi. Ini agar kamu terhindar dari pasangan yang ternyata nggak mau memenuhi kebutuhanmu. Sebaliknya, kamu juga bisa memastikan bahwa kamu bisa memberikan apa yang dibutuhkan si doi. Biar gak ujung-ujungnya kecewa.

Fokus ke potensi bukan masa kini

Terkadang kita dimotivasi oleh harapan kita akan seseorang, bukan seseorang itu sendiri. Kadang kita terus menjalani hubungan karena berharap si doi berubah, padahal ia nggak juga berubah. Nah, ini yang harus dihindari. Sadari bahwa mengubah seseorang itu gak gampang. Apalagi kalau si doi gak mau berkomitmen.

Nggak punya waktu buat diri sendiri

In relationship bukan berarti seluruh waktu bareng si doi. Kamu juga perlu punya batasan dan menikmati waktu sendirian. Kalau kamu punya hubungan kuat dengan diri sendiri, kamu bakal peka ketika seseorang memperlakukanmu kurang baik. Lebih peka sama red flags gitu deh.

Nah, itu dia beberapa perilaku yang secara nggak sadar bisa merusak hubunganmu. Kalau kamu sudah in relationship, cek di sini tanda-tanda tentang hubungan sehat.(*)

Gambar: pch.vector/Freepik

Related Articles
Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Lifestyle
17 Kalimat Andalan Pasangan Toxic Ini Bisa Menghancurkan Hubungan

Lifestyle
Self-Gaslighting, Dampak Gaslighting yang Pengaruhi Pandangan tentang Diri