NASA Konfirmasi 5.000 Exoplanet Di Luar Tata Surya Kita

Posted on March 22nd 2022

NASA baru saja mengumumkan tonggak sejarah kosmik baru, Senin (21/3) dengan penemuan total 5.000 exoplanet. Terdapat 65 kumpulan planet baru yang terletak di luar tata surya kita bergabung dengan NASA Exoplanet Archive.

"Ini bukan hanya angka," kata ketua ilmu Exoplanet Archive Jessie Christiansen dalam sebuah pernyataan. "Masing-masing dari mereka adalah dunia baru, planet baru. Saya senang dengan setiap planet karena kita tak tahu apa-apa tentang mereka."

Exoplanet pertama dikonfirmasi pada awal 1990-an. Artinya, para ilmuwan kita bisa sangat cepat untuk melakukan penemuan hingga berjumlah 5.000. NASA mengumumkan jumlah planet telah mencapai 4.000 pada Juni 2019 dan hanya butuh waktu kurang dari tiga tahun untuk menambahkan seribu lagi.

Penemuan exoplanet merupakan kerja keras para peneliti dan data yang dikumpulkan oleh misi seperti Kepler Space Telescope yang sekarang sudah pensiun, hingga Transiting Exoplanet Survey Satellite(TESS) yang saat ini beroperasi untuk menemukan semua planet jauh.

Para ilmuwan tak hanya mencari exoplanet untuk bersenang-senang (meskipun mereka menganggap misi ini menyenangkan). Mereka juga mencari tanda-tanda apabila beberapa planet mungkin layak huni. Teleskop Luar Angkasa James Webb yang baru-baru ini diluncurkan diharapkan memberi tahu kita lebih banyak tentang planet asing dan atmosfernya.

“Menurut pemikiran saya, tak dapat dihindari bahwa kita akan menemukan semacam kehidupan di suatu tempat, kemungkinan besar dari jenis primitif,” kata astronom Alexander Wolszczan, penulis utama studi terobosan tentang exoplanet pertama yang dikonfirmasi dari tiga dekade lalu.

Ilmuwan belum secara pasti menemukan planet yang mirip Bumi, tetapi exoplanet sejauh ini terlihat seperti Bumi atau planet jumbo seperti Jupiter. Meskipun 5.000 adalah angka yang mengesankan, jumlahnya hanya sebagian kecil dari apa yang ada di luar angkasa.

"Kami tahu, galaksi kita kemungkinan memiliki ratusan miliar planet seperti itu,” kata NASA.(*)