Interest

Selain Pawang, TNI AU dan BRIN Turut Atasi Hujan di Sirkuit Mandalika

Jingga Irawan

Posted on March 22nd 2022

Nggak cuma jatuhnya Marc Marquez yang bikin heboh warganet saat pagelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3). Aksi pawang hujan, Rara Istiani Wulandari, juga turut disorot oleh berbagai pihak. Wanita berusia 39 tahun itu terlihat membawa sesajen di lintasan sirkuit sembari berputar-putar.

Penggunaan pawang hujan sontak menimbulkan perdebatan di kalangan pengguna media sosial. Ada yang mencibir. Ada juga yang mendukung, “sudah lah, namanya juga kearifan lokal,” kata beberapa orang. Bahkan akun Twitter resmi MotoGP mengamini aksi Rara, mereka menulis “It worked,” ketika hujan benar-benar berhenti selepas aksinya dilakukan.

Selain Rara, rupanya ada dua pihak lagi yang juga berkontribusi untuk mengatasi hujan di Sirkuit Mandalika. TNI Angkatan Udara (TNI AU) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Rupanya, pengerjaan TMC itu dilakukan sejak Jum’at (18/3).

TMC memang kerap dilakukan untuk menghindari potensi yang merugikan akibat hujan deras. Teknologi ini meniru proses yang terjadi di dalam awan. Menurut laman Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca, sejumlah partikel higroskopik yang dibawa pesawat sengaja ditembakkan dalam awan. Cara ini bertujuan mempercepat proses pengumpulan butir air di dalam awan.

Operasi TMC dimaksudkan untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi. TNI AU kemudian menerjunkan pesawat Cassa 212-200 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrahman Saleh Malang. Pesawat itu bertugas menaburkan garam (NaCL) di awan yang berpotensi hujan. Penaburan ini bisa di lakukan di dasar awan maupun dilepas langsung dalam awan, yang diharapkan bisa mempercepat proses hujan sebelum sampai ke area Sirkuit Mandalika.

Sementara, BRIN dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bertugas melakukan pemantauan dan menganalisis data cuaca serta pertumbuhan awan. Langkah tersebut bertujuan untuk menentukan strategi dan memantau operasi TMC, memastikan curah hujan di sekitar Sirkuit Mandalika aman terkendali. (*)

Foto: Instagram resmi TNI AU/militer.udara

Artikel Terkait
Interest
Sudah Pegang Tiket MotoGP Mandalika? Ini Agenda Para Pebalap Selama di Indonesia

Sport
Miguel Oliviera, Juara MotoGP Pertama di Sirkuit Mandalika

Sport
Drama di Mandalika, Pol Espargaro Selamatkan Repsol Honda