Lifestyle

5 Langkah Cepat Mengatasi Kewalahan karena Banyak Tanggung Jawab

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 21st 2022

Lagi kewalahan dan stres banget dengan tugas? Rasanya poin di to do list dicoret satu eh bertambah lagi. Buat kamu yang lagi di fase ini, simak beberapa tips berikut, seperti yang dilansir Psychology Today.

Pakai ulang tugas yang sudah pernah dibuat

Mungkin kamu pernah mengerjakan tugas serupa di masa lalu dan sekarang dapat tugas yang mirip. Daripada mengulang bikin dari awal, kamu bisa merevisi tugas lama jadi tugas baru. Ini bakal menghemat banyak waktu karena kita gak berpikir dari awal.

Ambil keputusan yang sudah lama dipertimbangkan

Keputusan yang tertunda bikin beban pikiran kita bertambah. Nah, kalau ada keputusan kecil-kecil yang belum diselesaikan, segera ambil. Misal keputusan mau makan apa nanti siang atau malam, lanjut les atau enggak, daftar lomba atau nanti aja, dan lain-lain. Mengambil keputusan dengan cepat membantu kita lebih lega, apalagi kalau keputusan tersebut ada di to do list. Mencoret to do list kan kepuasan tersendiri ya.

Siapkan guideline buat menghadapi tugas sulit

Ada kalanya kita menghadapi tugas yang gak pernah kita lakukan atau jarang banget kita dapatkan. Nah, tugas jenis ini akan terasa lebih ringan kalau kita sudah punya arahan buat melakukannya.

Misalnya begini. Langkah pertama adalah mendata masalah dari tugas, lalu mengecek hal-hal yang bisa dan gak bisa kita lakukan, lagu menghubungi orang lain untuk membantu di hal yang nggak bisa dilakukan. Kamu bisa buat template ini di aplikasi catatan, jadi kalau ada tugas sulit tinggal pakai template-nya.

Selesai kadang lebih baik dari sempurna

Buat kalian para idealis, rasanya gak memuaskan kalau sekadar mengerjakan tugas tanpa memastikan semuanya sempurna. Namun, perlu diingat bahwa kadang tindakan spontan hasilnya juga bagus kok. Menghabiskan terlalu banyak waktu mengerjakan sesuatu justru bikin overthinking dan bisa-bisa hasilnya nggak akan lebih bagus juga.

Stay in touch dengan orang tersayang

Ketika kita punya support system, beban kita sedikit berkurang. Nah, makanya penting buat tetap stay in touch dengan orang-orang terkasih entah itu teman atau keluarga. Kalau ada orang yang kamu merasa nyaman berbicara dengan mereka, tapi mulai menjauh, coba deh hubungi lagi. Kita semua perlu dukungan dan memberikannya terlebih dahulu bakal terasa sangat bermakna.

Nah, itu dia beberapa tips menghadapi kewalahan akibat banyak tuntutan. Semangat!

Gambar: jcomp/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan

Interest
Stres Mungkin Musuh Terburuk untuk Jantung Kita

Lifestyle
Catat! Ini Tanda-Tanda Terlalu Stres yang Harus Kamu Tahu