Sport

Kondisi Marc Marquez, Setelah Kecelakaan Berat di Mandalika

Tora Nodisa

Posted on March 20th 2022

Foto: Motorsport.com

Pembalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez mengalami kecelakaan berat di Sirkuit Mandalika, pada sesi pemanasan GP Indonesia, Minggu (20/3) siang. Marquez kehilangan kendali motornya dan terlempar ke udara, lalu jauh beberapa meter dari lintasan. Marquez kini sudah terbang ke Barcelona untuk mendapatkan perawatan intensif. 

Menurut informasi resmi yang dihimpun dari timnya, Marquez kehilangan kendali atas sepeda motornya di tikungan ke-7 sirkuit Mandalika. Pembalap berusia 29 tahun itu terlempar, kemudian mendarat dengan posisi yang tidak bagus. Kecelakaan tersebut membuat juara MotoGP enam kali tersebut dinyatakan tidak bisa melanjutkan balapan. 

Marc bangkit sendiri setelah jatuh. Namun pembalap asal Spanyol tersebut segera dilarikan ke RS Mataram. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, Marquez menyatakan dirinya baik-baik saja. Dia juga berterima kasih kepada RS Mataram yang memberikan pelayanan yang baik. 

"Saya baik-baik saja setelah kecelakaan yang saya alami. Sebagai tindakan pencegahan, dan tidak mengambil risiko lagi, kami memutuskan untuk tidak ikut GP Indonesia," tulis Marquez dalam akun Twitter pribadinya. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim medis MotoGP dan RS Mataram atas perawatannya. Terima kasih atas semua pesan dan dukungannya," sambung Marquez di cuitan keduanya. 

Namun dari analisis beberapa pengamat kesehatan menyebutkan bahwa Marquez harus menjalani pemeriksaan intensif terkait kesehatan mentalnya. Ada Indikasi bahwa dia mengalami gegar otak ringan. Sebab, meski dirinya bisa bangun sendiri setelah jatuh, namun Marqez kelihatan bingung. Ini wajar karena kecelakaan tersebut terjadi saat kecepatan motornya menyentuh 180 km/jam. 

Dikutip dari kantor berita AFP, kecelakaan di Indonesia bakal berpengaruh pada prestasinya. Marquez juga tampak memakai perban di tangan kanannya setelah mengalami kecelakaan di Mandalika. Ada indikasi bahwa cedera tangan kananya kambuh. Seperti yang kita tahu, Marquez pernah menjalani operasi patah lengan kanannya di tahun 2020. 

Juara dunia enam kali di kelas utama MotoGP antara tahun 2013 hingga 2019 tersebut masih menunggu pemeriksaan di Barcelona. Dua minggu lagi, MotoGP akan berlangsung di Argentina. Apakah Marquez akan muncul? Kita tunggu saja kabar baiknya. (*)

Artikel Terkait
Sport
Drama di Mandalika, Pol Espargaro Selamatkan Repsol Honda

Sport
Marc Marquez Naik Meja Operasi Lagi Karena Pen Rusak

Sport
Kecelakaan, Marc Marquez Patah Tulang Humerus