Lifestyle

3 Latihan Terbaik untuk Singkirkan Lemak dari Perut

Dwiwa

Posted on March 20th 2022

Memiliki lemak di perut sering membuat orang jadi kurang percaya diri. Tidak heran jika banyak orang yang mencoba berbagai cara untuk menghilangkan lemak di perut dalam waktu singkat.

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis latihan yang bisa membantu menghilangkan lemak dengan cepat. Tetapi, Matt Laurie, M.S, B.S, ACSM-Cpt, Precision Nutrition Lvl. 1 menjelaskan kepada Eat This, Not That! jika ada tiga latihan perut terbaik untuk menyingkirkan lemak dengan cepat. Laurie adalah pelatih pribadi di Fyt, layanan pelatihan pribadi terbesar di Amerika Serikat.

 

1. V-Sit-Up yang dimodifikasi

Laurie menjelaskan V-sit-up yang dimodifikasi adalah latihan yang mudah dilakukan oleh banyak penggemar kebugaran. Untuk melakukan itu, Laurie mengatakan kalian berlu berbaring. Tangan harus di lantai, dan kaki juga harus di lantai atau di angkat ke udara beberapa centi di atas lantai (lebih menantang dari keduanya).

"Selanjutnya, dorong bagian atas tubuh dari lantai (dengan lengan membantu mengarahkan). Secara bersamaan bawa (kedua) lutut ke atas dan ke arah dada. Jaga agar core (otot perut dalam hingga panggul bawah) tetap kuat dan kencangkan perut, tahan posisi tersebut selama beberapa detik, dan kembali ke lantai dengan terkontrol. Perut kalian akan mulai terbakar setelah beberapa repetisi!" ujarnya.

 

2. Stabilitas Ball Crunch

Laurie mengatakan cara mendapatkan perut rata seperti papan cuci dan latihan isolasi inti yang efektif namun aman adalah dengan menggunakan bola stabilitas atau yang juga dikenal dengan gym ball.

"Melakukan crunch perut yang terkonsentrasi pada bola stabilitas memberikan punggung bagian bawah permukaan yang lembut untuk ditekan saat kita melakukan crunch, memaksa core untuk stabil sehingga kalian tidak jatuh dari bola. Jaga bahu tetap ke belakang, pastikan bola stabil di bawah kalian, dan bagian core bergerak, (dan) angkat bahu kalian ke langit-langit beberapa senti (atau hingga 45 derajat relatif terhadap kaki), lalu turunkan kembali ke posisi awal. Latihan ini merupakan gerakan inti yang penuh trik!"

 

3. Plank aktif

Dengan melakukan plank aktif secara konsisten, kalian akan menuai banyak manfaat tubuh, termasuk inti yang kuat, perut yang kencang, dan mengurangi nyeri punggung bawah. Lalu apa bedanya dengan plank lengan bawah?

Laurie menjelaskan bedanya adalah tekanan kuat pada glutes (kelompok otot terkuat dan terpanjang di tubuh yang biasa disebut pinggul atau bokong). Dia menambahkan, mengepalkan glutes sambil menjaga tubuh stabil saat plank menggerakkan panggul dan membakar perut bagian bawah secara instan. Mulailah dengan set menahan posisi 30 detik, dan naikkan!

 

Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Artikel Terkait
Lifestyle
Ingin Bakar Kalori dengan Berjalan? Ini Cara Paling Efektif

Lifestyle
Berusia 20-an? Hal Ini Wajib Kalian Lakukan Agar Tetap Fit Saat Tua

Interest
Biar Badan Nggak Melar, Begini Cara Jitu Jaga Pola Makan Usai Ramadhan