Entertainment

Cerita Arkham State Hospital dalam 'The Batman' Terinspirasi dari Kisah Nyata

Jingga Irawan

Posted on March 20th 2022

Cerita Arkham State Hospital dalam The Batman yang pertama kali muncul di Batman #258 (Oktober 1974) itu terinspirasi kisah yang terjadi di rumah sakit jiwa dalam kehidupan nyata, lho gengs!

Rumah sakit tersebut menjadi salah satu lokasi film paling tak terlupakan karena jadi tempat interaksi antara The Riddler yang diperankan Paul Dano dan seorang tahanan misterius yang diduga sebagai The Joker.

Namun, sutradara The Batman, Matt Reeves meyakinkan bahwa The Joker tak akan muncul dalam film Batman selanjutnya. Meskipun begitu, adegan itu menunjukkan kalau karakter-karakter jahat di Gotham muncul dan berkembang di rumah sakit tersebut. 

Batman mengeksplorasi sedikit sejarah Arkham. Reeves juga telah mengkonfirmasi kalau dia sedang mengerjakan "seri lain yang terhubung ke Arkham" bersama HBO Max. Itu di luar seri spin-off Penguin versi Colin Farrell.

Arkham terinspirasi dari kota eponymous dalam cerita pendek yang ditulis H.P Lovecraft. Detail mengenai kemuraman kota tersebut ada dalam kisah The Picture in the House. Sedangkan Arkham Sanitarium dihadirkan dalam cerita The Thing on the Doorstep. Nah, Arkham Sanatorium ini menjadi cikal cerita Arkham State Hospital dalam The Batman. 

H.P Lovecraft diduga terinspirasi oleh gaya gothic dan sejarah kelam Danvers State Hospital di Massachusetts. Meskipun awalnya dibangun untuk memberikan perawatan kepada orang-orang dengan masalah kesehatan mental, rumah sakit tersebut kemudian dilaporkan menggunakan perawatan yang nggak manusiawi seperti lobotomi dan terapi kejut untuk menangani populasi pasien rawat inap yang terus bertambah.

Mengingat sejarah dan reputasi rumah sakit yang suram, nggak mengherankan kalau itu nggak hanya menginspirasi Lovecraft dan Arkham milik Batman, tetapi juga telah ditampilkan dalam media budaya pop lainnya. Misalnya, tempat itu menjadi latar untuk film horor Session 9, dan episode 6 dari podcast Lore, berjudul Echoes.

Tak seperti superhero DC lainnya, Batman memiliki salah satu kisah asal superhero yang paling manusiawi dan dapat diterima. Batman menggunakan ini sebagai kisah naratif dan menggambarkan bagaimana Dark Knight membawa beban trauma masa kecilnya.

Inspirasi kehidupan nyata Arkham yang aneh daripada kisah fiksi film menjadikannya tempat yang menarik banget untuk penjahat terbesar Batman. Kita tunggu saja, nanti akan ada lebih banyak Arkham—dan penjahatnya yang brutal—dalam proyek DC mendatang.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Deleted Scene ‘The Batman’ Pamerkan Akting Barry Keoghan Sebagai Joker

Entertainment
Colin Farrell Bakal Senang Jika Ditawari Jadi Penguin Lagi di ‘The Batman 2’

Entertainment
‘The Batman’ Bakal Jadi Film Batman dengan Durasi Terpanjang