Tech

Presiden Ukraina Setujui RUU yang Melegalkan Industri Crypto

Jingga Irawan

Posted on March 17th 2022

Cryptocurrency sebentar lagi menjadi aset legal di Ukraina, berkat RUU baru yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina melalui tweet, pada Rabu (16/3), mengatakan bisnis cryptocurrency asing dan Ukraina diizinkan untuk beroperasi di negara tersebut. Perusahaan crypto nantinya bisa membuka rekening di bank Ukraina juga.

Langkah tersebut dilakukan setelah publik di seluruh dunia mengirimkan sekitar USD 100 juta sumbangan crypto ke Ukraina sejak invasi Rusia, termasuk militer Ukraina, kelompok bantuan, peretas, dan warga biasa.

“Penandatanganan Undang-undang ini oleh Presiden merupakan langkah penting lainnya untuk membawa sektor crypto keluar dari bayang-bayang dan meluncurkan pasar legal untuk aset virtual di Ukraina,” tulis Kementerian Transformasi Digital Ukraina dalam sebuah pengumuman.

Cryptocurrency secara teknis memang tak ilegal di Ukraina. Tetapi, aset digital di Ukraina beroperasi di wilayah yang samar terhadap hukum. Sehingga, baik orang maupun perusahaan di Ukraina tak dapat memiliki atau memperdagangkan crypto di pasar. Lonjakan kejahatan crypto dan pencucian uang di Ukraina dan Eropa Timur dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan pemerintah negara itu menindak industri tersebut.

Undang-undang baru menetapkan kerangka hukum untuk industri crypto Ukraina yang sedang berkembang, serta memanfaatkan Bank Nasional Ukraina dan Komisi Nasional untuk Pasar Sekuritas dan Saham berfungsi sebagai regulator. Ini juga membuka jalan bagi lebih banyak undang-undang dan pemasukan pajak dari crypto, yang diharapkan akan lebih mendorong industri crypto di Ukraina.(*)

Related Articles
Tech
Disebut Investasi Aman, Harga Crypto Malah Jatuh Setelah Invasi Ukraina

Tech
Bagaimana Gen Z Bisa Terpikat pada Cryptocurrency dan NFT?

Tech
Opera Meluncurkan Browser Crypto Khusus