Tech

NFT Bakal Hadir di Instagram

Jingga Irawan

Posted on March 16th 2022

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan perusahaannya bakal menambahkan Non-Fungible Token (NFT) ke Instagram. Hal itu diungkap selama sesi di South By Southwest. Sayangnya, Mark Zuckerberg tak menjelaskan seperti apa bentuk dan fiturnya.

"Kami sedang bekerja untuk membawa NFT ke Instagram dalam waktu dekat," katanya.

"Aku belum siap untuk mengumumkan dengan tepat apa yang akan terjadi hari ini. Tetapi selama beberapa bulan ke depan, ada kemampuan untuk membawa beberapa NFT, semoga seiring waktu dapat menghasilkan hal-hal dalam lingkungan itu.”

Tahun lalu, Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengatakan timnya secara aktif juga mengerjakan NFT. Tetapi tak ada pengumuman resmi hingga hari ini.

Pada bulan Januari lalu, sempat terdapat laporan kalau tim di Facebook dan Instagram sedang mengerjakan integrasi NFT. Laporan tersebut menyebutkan kalau ada kemajuan pada fitur yang memungkinkan pengguna memakai NFT sebagai profil, bahkan membuat NFT di platform serta diskusi seputar pasar NFT.

Menurut Mark Zuckerberg, NFT suatu hari nanti dapat memainkan peran penting dalam metaverse perusahaan. Tetapi untuk mencapai hal tersebut, masih banyak hal yang perlu dilakukan.

“Aku harap kalian tahu, pakaian yang dikenakan avatar kalian di metaverse, kalian tahu, pada dasarnya dapat dicetak sebagai NFT dan kalian dapat membawanya ke tempat yang berbeda,” tambahnya.

Instagram bukan media sosial besar pertama yang akan melakukan integrasi dengan NFT. Awal tahun ini, Twitter memperkenalkan fitur yang mengizinkan pengguna memamerkan NFT yang mereka miliki sebagai foto profil. Fitur itu muncul dengan bentuk heksagonal, dan pengguna lain yang tertarik dapat melihat metadata NFT-nya dengan mengklik gambar tersebut.

Mengingat banyaknya fitur TikTok yang ditiru oleh Instagram, tak mengherankan jika aplikasi tersebut melakukan hal serupa untuk meniru Twitter.(*)

Artikel Terkait
Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara

Tech
Facebook dan Instagram Punya Rencana untuk Pengguna Bikin dan Jual NFT

Tech
Instagram Uji Coba Stiker AR dan Fitur NFT Baru