Interest

Sudah Pegang Tiket MotoGP Mandalika? Ini Agenda Para Pebalap Selama di Indonesia

Dwiwa

Posted on March 15th 2022

Sejumlah kru MotoGP dari Tim Ducati di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (14/3).

Para penggemar MotoGP pasti sudah tidak sabar untuk melihat aksi kebut-kebutan para pebalap di sirkuit Mandalika pada akhir minggu ini. Tetapi rupanya, sebelum menggeber motornya di ajang MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) para pebalap memiliki serangkaian agenda yang akan dijalani.

Dilansir situs resmi MotoGP, aktivitas para pebalap di Indonesia akan dimulai pada Rabu (16/3). Agenda pertama adalah parade bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta. Dijadwalkan parade akan dilakukan dengan rute Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI pada pukul 10.00-11.00 WIB. Dalam acara ini, ada 20 pebalap yang terlibat yang terdiri dari 16 rider MotoGP, 2 Moto2, 1 Moto3, dan 1 Asian Talent Cup.

Kemudian pada hari berikutnya para pebalap akan melakukan konferensi pers. Dalam konferensi pers ini, akan ada lima pebalap yang terlibat, yakni Enea Bastianini (Gresini Racing), Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Marc Marquez (Repsol Honda Team), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Untuk selanjutnya, para pebalap akan mengikuti agenda seperti pada balapan MotoGP lainnya. Pada hari Jumat (18/3), para pebalap akan menjalani latihan bebas pertama. Sesi latihan akan dimulai dari kelas Moto3 pada pukul 09:00 WITA dan dilanjutkan dengan Moto2, dan ditutup oleh para pebalap MotoGP pada pukul 10:50 WITA.

Setelah istirahat makan siang, mereka akan kembali menjalani latihan pada pukul 13.15 WITA, dimulai dari Moto3. Sesi latihan bebas Jumat akan berakhir pada pukul 15:50 WITA ketika kelas MotoGP menyelesaikan sesi 45 menit mereka.

Latihan bebas akan dilakukan kembali pada Sabtu (19/3) pagi dimulai pukul 09:00 oleh kelas Moto3. Urutan latihannya pun sama seperti hari sebelumnya, di mana sesi ditutup oleh pebalap MotoGP pukul 11:35.

Agenda dilanjutkan dengan sesi kualifikasi pertama (Q1) dan kedua (Q2) untuk kelas Moto3 dan Moto2. Sementara pebalap MotoGP bisa melakukan latihan bebas sesi keempat (FP4) pada pukul 14:25. Baru pada pukul 15:05 mereka akan melakoni sesi kualifikasi pertama (Q1) dilanjutkan kualifikasi kedua (Q2) pada pukul 15.30 untuk memperebutkan pole position.

Kemudian pada hari Minggu (20/3), para pebalap akan mulai menjalani sesi pemanaasan (Warm Up) mulai pukul 10:00 yang dimulai dari kelas Moto3. Selanjutnya pada pukul 10:20 kelas Moto2 dan pukul 10:40 kelas MotoGP.

Sedangkan balapan akan berlangsung mulai pukul 12:00 untuk kelas Moto3 selama 18 lap. Lalu pada pukul 13:20 giliran pebalap kelas Moto2 yang akan adu cepat selama 20 lap. Sedangkan kelas MotoGP akan mulai berlomba pukul 15:00 untuk memperebutkan juara MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit selama 22 lap.

Nah, buat kalian yang sudah pegang tiket untuk nonton langsung di Sirkuit Pertamina Mandalika, jangan sampai kelewatan yah jadwalnya. (*)

 

Foto: Antara Foto/Muhammad Iqbal

Artikel Terkait
Sport
Kondisi Marc Marquez, Setelah Kecelakaan Berat di Mandalika

Interest
Selain Pawang, TNI AU dan BRIN Turut Atasi Hujan di Sirkuit Mandalika

Sport
Kangen Balapan, Marc Marquez Sambangi Paddock Repsol Honda