Tech

Ford Bakal Memperkenalkan Tujuh EV baru di Eropa

Jingga Irawan

Posted on March 15th 2022

Ford akan memenuhi janjinya untuk menjual kendaraan all-electric di Eropa. Perusahaan berencana untuk memperkenalkan tujuh electric vehicle (EV) baru di Eropa.

Jajarannya akan fokus pada crossover, termasuk versi listrik dari Puma serta model "ukuran sedang" dan "sport" lima kursi. Kalian juga bisa menunggu edisi baru dari van Transit dan Tourneo, termasuk trim Courier yang lebih kecil serta model Custom.

Crossover kelas menengah akan menjadi EV penumpang pertama yang diproduksi secara massal dari pabrik Cologne baru Ford. Model itu akan mencakup lima kursi serta jangkauan 310 mil seperti yang diklaim perusahaan. Ford akan secara resmi mengungkapkan kendaraan tersebut akhir tahun ini dan memulai produksi pada tahun 2023.

Transit Custom dan Tourneo Custom juga dijadwalkan rilis pada 2023, sedangkan Puma, sport crossover, Transit Courier, dan Tourneo Courier akan dirilis pada 2024. Sementara itu, Mustang Mach-E dan E-Transit sudah menjadi bagian dari jajaran Ford EV Eropa.

Ford berencana untuk pindah ke jajaran all-electric di Eropa pada tahun 2030, dan akan sepenuhnya menghapus kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel dari kandangnya pada tahun 2035.

Ford mengatakan Puma adalah kendaraan penumpang terlaris di Eropa, juga jenis van seperti Transit yang sangat umum di kalangan bisnis. Rencana perusahaan ini tentu menggemparkan beberapa model Ford yang paling terkenal di benua itu, bahkan crossover yang baru akan mendominasi segmen populer.

Ford jelas ingin EV-nya dilihat sebagai model mainstream, belum lagi menghadapi persaingan dengan VW untuk model ID.Buzz dan perusahaan mobil lainnya yang kini juga memiliki produk unggulan.(*)

Foto: Ford

Artikel Terkait
Tech
Tesla & Samsung Bakal Kerja Sama Produksi Chip Mobil Otonom Generasi Baru

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik

Tech
Ford Produksi Sel Baterai Kendaraan Listrik Bareng Produsen Korea Selatan