Entertainment

Gunakan Peta Sengketa Laut Cina Selatan, ‘Uncharted’ Dilarang Tayang di Vietnam

Jingga Irawan

Posted on March 14th 2022

Karena penggunaan gambar peta ilegal dalam film, Uncharted dilarang di Vietnam. Menurut Variety, film yang dibintangi Tom Holland tersebut menimbulkan sedikit kontroversi internasional pekan ini. Uncharted sebelumnya dijadwalkan tayang di Vietnam pada 18 Maret 2022, tetapi negara tersebut secara resmi melarang penayangan Uncharted mulai Minggu (13/3).

Larangan itu disebabkan karena film-nya menampilkan peta sengketa. Peta tersebut secara jelas menampilkan “nine dash-line.” Itu merupakan garis putus-putus berbentuk U yang digunakan pada peta Tiongkok untuk menggambarkan klaimnya atas wilayah Laut Cina Selatan. Dan wilayah itu juga diperebutkan oleh Vietnam, Filipina, Taiwan, Indonesia, dan Malaysia.

“Film itu dilarang distribusinya setelah kami menontonnya dan menemukan itu berisi gambar ilegal dari nine dash-line yang terkenal itu," kata Vi Kien Thanh, kepala Departemen Perfilman, sebuah badan pemerintah yang bertanggung jawab atas perizinan dan penyensoran film.

Menurut Screenrant, Vietnam merupakan pasar film yang relatif kecil, tetapi larangan itu bisa berdampak pada pendapatan kotor film secara keseluruhan, setidaknya sampai USD 1 juta.

Uncharted memang telah menghasilkan USD 277,8 juta secara internasional dari anggaran sekitar USD 120 juta, jadi itu nggak terlalu merugikan. Namun, masalah ini bisa berdampak pada film-film Amerika yang bertujuan menarik audiens global, terutama ketika menyangkut raksasa box office Tiongkok dan wilayah yang sedang berselisih.

Uncharted merupakan adaptasi lama dari seri video game dengan judul yang sama. Series itu dimulai dengan game PS3 tahun 2007 Uncharted: Drake's Fortune, kemudian melahirkan waralaba yang sekarang mencakup banyak sekuel dan spin-off.

Film tersebut, yang sudah tayang di bioskop sejak 18 Februari 2022 di Indonesia, mengikuti kisah Tom Holland sebagai Nathan Drake. Ia bersama Sully (Mark Wahlberg) berupaya untuk menemukan harta karun yang hilang dari ekspedisi Magellan dan mencari nasib kakak laki-lakinya yang juga menghilang.

Uncharted saat ini adalah film dengan kinerja tertinggi ke-3 di box office domestik tahun 2022, posisi itu di belakang film terbaru DC, The Batman dan Spider-Man: No Way Home. Selain Tom, Uncharted juga dibintangi oleh Antonio Banderas, Sophia Taylor Ali, dan Tati Gabrielle. (*)

Foto: Sony

Artikel Terkait
Entertainment
Adegan Pesawat di ‘Uncharted’ Jadi Aksi Tersulit Tom Holland Sepanjang Kariernya

Entertainment
'Uncharted' Punya Banyak Easter Eggs dan Referensi Rahasia, Apa Saja?

Entertainment
Sony Nyatakan ‘Uncharted’ Sebagai Franchise Baru, Bakal Ada ‘Uncharted 2’ Nih?