Lifestyle

5 Tips Berkomunikasi Lebih Lancar biar Nggak Muncul Salah Paham

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 13th 2022

Suka belibet pas bicara dengan orang lain? Mungkin ada dari kita yang susah banget rasanya mengungkapkan maksud dengan kalimat yang mudah dipahami. Nah, berikut beberapa tips buat berkomunikasi lebih lancar, seperti yang dilansir Psychology Today.

Pahami empat bagian komunikasi

Komunikasi terdiri dari empat bagian yaitu konten (pesan yang mau disampaikan), bahasa (kalimat yang dipakai buat menyampaikan pesan), penyampaian (nada suara, humor, volume, gestur, dan lain-lain), dan penempatan waktu (kapan kamu menyampaikan pesan). Semua ini penting agar pesan yang ingin kamu ungkapkan bisa dipahami dengan optimal.

Konten

Sampaikan pesan dengan tiga bagian yaitu keinginan, alasan, dan harapan. Sebut dulu apa yang kamu mau, alasan yang jelas, lalu apa yang kamu harapkan dari lawan bicara. Kamu bisa pakai teknik sandwich kalau sedang menyampaikan pesan yang sensitif.

Bahasa

Coba perhatikan pilihan kalimat yang kamu pakai dalam penyampaian pesan.

“Kamu selalu aja…” atau “Kamu gak pernah…” sebaiknya diganti dengan “Di situasi ini, aku merasa…. Aku bakal menghargai kalau kamu….”

Hindari menggeneralisasi tindakan seseorang, lebih baik ungkapkan perasaan kita terlebih dahulu agar apa yang kita minta bisa lebih dipahami. Memang bakal sulit kalau di kondisi yang lagi emosional, tapi ada baiknya dicoba.

Penyampaian

Terkadang sulit buat menyadari bagaimana raut wajah atau nada suara kita ketika menyampaikan suatu pesan. Namun, gak jarang tindakan nonverbal tadi bikin pesan yang kita sampaikan dipahami dengan salah.

Nah, sebelum menyampaikan pesan, usahakan untuk menenangkan diri sehingga tidak terkesan “menyerang” saat berbicara nanti. Jangan pakai sarkasme atau kalimat pasif agresif dalam perbincangan yang sensitif.

Penempatan waktu

Pilih untuk berbicara setelah kita bisa tenang, jangan langsung berbicara ketika masih emosional. Lalu, pilih waktu saat kita dan lawan bicara sama-sama bisa berkomunikasi dengan optimal. Jangan bicara tentang hal-hal sulit pas si doi lagi dikejar deadline, bisa-bisa tambah runyam keadaannya.

Nah, itu dia beberapa tips berkomunikasi untuk mencegah salah paham. Selamat mencoba! (*)

Gambar: storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Tips Membicarakan Kebutuhan Kita agar Didengar oleh Pasangan Tanpa Berdebat

Lifestyle
3 Cara Biar Nggak Gampang Tersinggung sama Ucapan Orang Lain

Lifestyle
Kenapa sih Interaksi Online Gak Bisa Memuaskan Seperti Interaksi Langsung?