Entertainment

5 Cara Mendukung Teman yang Cemas, Validate Meski Nggak Relate

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 12th 2022

Kecemasan bukan hal yang mudah buat dihadapi. Banyak banget orang yang struggling dengan kecemasan dan butuh dukungan orang lain. Nah, kalau kamu punya teman yang sering merasa cemas, berikut cara buat mendukung mereka, seperti yang dilansir Psychology Today.

Hindari terus-menerus meyakinkan

Memberi keyakinan pada orang yang cemas memang terkadang dibutuhkan, tapi hindari memberikannya berlebihan. Terlalu sering memberitahu orang cemas semua akan baik-baik saja justru mendorong otak menginginkan keyakinan yang lebih dan lebih lagi. Tentu ini gak sehat.

Terkadang ketika cemas kita nggak menginginkan untuk mendengar semuanya bakal baik, tapi kita hanya ingin didengarkan. Terlalu cepat meyakinkan justru membuat seseorang merasa usaha mereka mengekspresikan emosi terlalu cepat dipotong.

Berikan validasi

Validate even if you can’t relate. Mungkin kita gak paham seberapa tinggi kecemasan mereka. Mungkin kita heran kenapa bisa seseorang mengkhawatirkan hal “sepele”. Yang perlu kita lakukan adalah mendengarkan dan memberi mereka empati.

Kebanyakan juga orang cemas tidak mengharapkan solusi. Jadi lebih baik ucapkan kalimat validasi seperti, “Wah, sulit banget ya.” Ini juga membantu kita memahami bahwa menghadapi kecemasan itu sulit.

Hindari memberi solusi kecuali diminta

Kebanyakan orang yang mengekspresikan perasaan cemas, sedih, atau rasa sakit mereka bukan untuk mencari solusi, tetapi untuk dipahami. Kalau memang mencari solusi, biasanya akan disinggung secara langsung. Mendengar saran dari orang yang gak mengalami hal yang sama rasanya gak akan membantu. Ini dapat memunculkan perasaan bahwa kita gak bisa mendengarkan dan memahami mereka.

Habiskan waktu bersama mereka

Bagi beberapa orang, kecemasan juga menghalangi mereka buat menjalin relasi dengan orang lain. Maka dari itu penting buat kita selalu melibatkan mereka dalam hidup kita. Tetap ajak mereka buat hangout agar mereka paham bahwa apa pun yang mereka hadapi nggak bikin kita menjauh. Mungkin mereka gak akan selalu menerima ajakan kita, tetapi setidaknya mereka merasa diundang.

Jangan jadi psikolog

Jika masalah kecemasan yang temanmu hadapi sudah sangat mengganggu kesehariannya, bantu mereka untuk mendapatkan bantuan profesional dari psikolog. Jangan pernah berusaha menjadi psikolog dan melakukan diagnosis sendiri untuk membantu mereka.

Nah, itu dia beberapa cara membantu seseorang yang struggling dengan kecemasan. Semoga membantu!

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Tips Simpel Mengendalikan Kecemasan, Biar Pikiran Lebih Tenang

Tech
Sering Diserang Kekhawatiran Mendadak? Coba Teknik “Close Pop-Up Ads”

Lifestyle
5 Alasan Cemas Bikin Diri Kita Lelah, Cek Ciri-Cirinya dari Kebiasaanmu