Lifestyle

Ini Tiga Tanda Kita Sudah Benar-Benar Memaafkan, Gak Harus Melupakan Kok

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 11th 2022

Memaafkan seseorang yang menyakiti kita mungkin gak mudah. Rasanya kita ingin orang tadi juga merasakan rasa sakit kita atau setidaknya kita balas dendam dulu. Nah, buat mengetahui apakah kamu sudah memaafkan sepenuhnya atau belum, simak ciri-cirinya di bawah ini, seperti yang dilansir Psychology Today.

Melepaskan sakit hati

Memaafkan adalah melepaskan semua rasa sakit hati, kekesalan, dan dendam pada seseorang atau bahkan diri kita sendiri. Kita gak lagi menyimpan emosi negatif terhadap orang yang melakukan kesalahan.

Memaafkan bukan berarti kita berpikir, “Oh, mereka punya alasan A, makanya melakukan hal itu.” Memaafkan bukan sekadar mengetahui alasan, tetapi sepenuhnya melepaskan sakit hati pada orang tersebut.

Menerima kenyataan

Jika sudah benar-benar memaafkan, kita akan melanjutkan hidup secara produktif dan nggak lagi dibayangi kesalahan yang sudah terjadi. Bukan berarti melupakan kesalahan sepenuhnya, tetapi kita bisa move on dengan itu. Bahkan lebih baik gak dilupakan karena ada sesuatu yang berharga dari sana.

Dilakukan untuk membebaskan diri

Memaafkan bukan untuk kepentingan orang lain. Memaafkan seharusnya dilakukan untuk meringankan diri sendiri. Ketika kita memaafkan, kita melepaskan diri dari kebencian, sakit hati, dan gak lagi terpaku di masa lalu. Memaafkan memungkinkan kita hidup di masa sekarang.

Namun, memaafkan bukan berarti kita nggak boleh punya perasaan tertentu terhadap situasi yang dimaksud. Sangat wajar untuk merasa kecewa atau sedih akan kesalahan, tetapi kita tidak lagi sakit hati pada orang yang berbuat salah. Lalu, memaafkan juga bukan berarti kesalahan langsung hilang dan tidak dibicarakan solusinya.

Memaafkan bakal sangat menguntungkan kita karena beberapa studi menunjukkan bahwa ketika kita memaafkan, kita menurunkan stres. Nah, buat kamu yang sedang berusaha memaafkan, semoga bisa segera melakukannya ya!

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Memaafkan Orang Lain agar Bisa Lebih Lega dan Move On

Lifestyle
Sorry Syndrome, Kebiasaan Minta Maaf Berlebih, Padahal Tidak Sedang Bikin Salah

Lifestyle
4 Langkah Berhenti Minta Maaf Berlebihan saat Sebenarnya Kita Nggak Salah