Entertainment

Riddler vs Penguin: Siapa Penjahat Terbaik dalam ‘The Batman’?

Artikel ini mengandung SPOILER!

Jingga Irawan

Posted on March 10th 2022

Riddler (Paul Dano) dan Penguin (Colin Farrell) meninggalkan kesan luar biasa dalam The Batman, tapi mana yang merupakan penjahat terbaik di film itu?

Batman punya banyak musuh ikonik. Dari penjahat yang paling biasa, seperti Two-Face dan Black Mask, hingga yang paling aneh, seperti Man-Bat dan Clayface, semua penjahat terkenal Gotham telah memainkan peran dalam alur cerita Batman yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun. Tetapi Riddler dan Penguin tampaknya masih menjadi pilihan terbaik.

Paul Dano dan Colin Farrell sukses mengeksplorasi aspek baru dari karakter tersebut dengan tingkat orisinalitas yang tinggi. Sehingga, banyak fans DC berdebat siapa penjahat terbaik di The Batman. Berikut perbandingannya:

ARTIKEL INI MENGANDUNG SPOILER!

Tampilan Anyar untuk Riddler & Penguin

Misi Matt Reeves untuk Gotham City adalah membawa kembali penjahat manusia, bukan penjahat berkekuatan super atau dengan teknologi tinggi. Dalam The Batman, Riddler dan Penguin nggak terasa seperti sepasang penjahat buku komik, melainkan seperti karakter yang dibangun dari awal di dunia ini.

Misalnya, seluruh pakaian Riddler di The Batman adalah cerminan dari pikiran taktisnya. Topengnya menjadi simbol revolusi bagi para pengikutnya, dan itu membantunya menyembunyikan identitasnya. Dia nggak ingin Batman, James Gordon, dan Gotham PD mengetahuinya sampai saat yang tepat.

Dalam kasus Penguin, sudah nggak masuk akal baginya untuk mengenakan pakaian bertema penguin, aksesori, dan tinggal di sarang yang dipenuhi penguin, tetapi masuk akal bagi penjahat Gotham untuk menyamakannya dengan penguin karena pincangnya, penampilannya, dan fakta kalau dia adalah raja gelap yang bekerja di klub bernama The Iceberg Lounge.

Baik Riddler dan Penguin dalam The Batman terasa seperti orang sungguhan. Karena penjahat seperti mereka pernah ada di kehidupan nyata. Matt Reeves dan Paul Dano jelas mengambil inspirasi dari Zodiac Killer kehidupan nyata untuk menciptakan Riddler. Dan terlihat jelas seperti tampilan Zodiac Killer. Mulai dari kacamata, simbol di mantelnya, dan sandi yang dia gunakan dalam teka-tekinya.

Untuk Penguin Colin Farrell, Matt Reeves mengambil inspirasi dari Fredo Corleone The Godfather, meskipun Penguin juga menarik banyak hal dari bos mafia kehidupan nyata seperti Al Capone.

Riddler Atau Penguin yang Lebih Baik dalam The Batman?

Menurut Screenrant, Riddler dan Penguin berada pada titik yang sama di akhir The Batman, tetapi mereka adalah penjahat yang sangat berbeda. Riddler menyimpan dendam terhadap korupsi Gotham, sementara Penguin mewujudkannya.

Riddler juga ratusan kali lebih licik daripada Penguin, dan dia mengobrak-abrik Gotham menggunakan pikirannya sendiri. Meskipun Riddler adalah orang buangan, bobot cita-citanya lebih besar. Ia menarik banyak pengikut yang akan melakukan apa saja untuknya, dan tekadnya yang kuat dapat membuat Batman, Catwoman, departemen kepolisian, dan dunia kriminal saling menghancurkan saat dia menonton dari jauh.

Konon, Penguin mengalahkan Riddler dalam hal karisma, dan dia bisa memberi Batman banyak masalah hanya dengan cukup berani untuk menentangnya. Dia bisa secara bersamaan lucu dan menakutkan. Dia juga nggak perlu menjadi pusat perhatian untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Berbeda dengan Riddler, Penguin nggak hanya berhasil melarikan diri dari setiap masalah tanpa cedera, tetapi juga berakhir lebih baik daripada yang dia mulai. Dan tentu saja, transformasi luar biasa Colin Farrell menjadi Penguin, baik dari segi riasan maupun penampilan, adalah bonus besar.

Sosok penjahat terbaik antara Riddler dan Penguin tergantung pada aspek mana dari karakter mereka yang dibandingkan. Artinya mereka bisa dibilang setara. Tetapi karakter pendukung yang mencuri perhatian dan akhirnya menjadi yang teratas di akhir The Batman adalah pemenangnya, yakni Joker. (*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
Colin Farrell Bakal Senang Jika Ditawari Jadi Penguin Lagi di ‘The Batman 2’

Entertainment
‘The Batman’ Tuai Pujian Berkat Chemistry Zoë Kravitz dan Robert Pattinson

Entertainment
‘The Batman’ Bakal Jadi Film Batman dengan Durasi Terpanjang