Tech

Twitter Upgrade Fitur Teks Alt, Bikin Deskripsi Gambar Lebih Mudah Diakses

Jingga Irawan

Posted on March 10th 2022

Twitter sedang menguji fitur aksesibilitas baru yang membuat deskripsi teks alternatif (ALT) lebih menonjol bagi semua pengguna di platform. Dengan perubahan tersebut, gambar yang memiliki deskripsi akan diberikan label bertuliskan “ALT,” dan jika kalian mengklik label tersebut tentunya akan menampilkan deskripsi gambar.

Seperti yang dijelaskan oleh Twitter, menambahkan deskripsi atau "teks alternatif" ke gambar memungkinkan orang dengan penglihatan rendah atau kekurangan khusus untuk bisa memahami sebuah gambar. Fitur ini juga berguna jika kalian nggak memiliki koneksi internet yang cepat.

Di sisi lain, bagi kalian yang suka banget bikin Thread yang dilengkapi dengan gambar, kalian juga bisa memanfaatkan ALT untuk menjelaskan gambar yang kalian unggah tanpa harus memakai karakter tweet asli yang terbatas.

Menurut Twitter, sekitar 3 persen pengguna bisa mencoba fitur baru itu selama sebulan, dan akan diluncurkan secara global pada awal April.

Jika kalian merupakan pengguna beruntung yang bisa ikutan mencoba fitur tersebut, kalian bisa menambahkan teks alternatif ke gambar dengan mengetuk tombol "tambahkan deskripsi" yang muncul setelah kalian mengunggah gambar. Jika sudah ter-upload kalian akan melihat label "ALT" muncul di sudut kiri bawah gambar yang dapat kalian ketuk untuk membaca deskripsi.

Deskripsi gambar diperkenalkan pada tahun 2016, tetapi belum terlalu menonjol di platform. Namun, Twitter juga menyebutkan kalau tim aksesibilitas saat ini sedang mengerjakan "pengingat deskripsi gambar," yang dapat membantu membuat teks alternatif lebih populer di platform.

Memperjelas gambar dengan label teks alternatif juga dapat membuat fitur tersebut lebih populer. Jika pengguna bisa dengan mudah memahami sebuah gambar berkat ALT, mungkin pengguna lain akan mempertimbangkan untuk menambahkan ALT saat mem-posting gambar. (*)

Foto: Twitter

Artikel Terkait
Tech
Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter

Tech
Twitter Garap Fitur Baru, Bisa Hapus Tag Username Akunmu dari Thread Orang Lain

Tech
Keren! WhatsApp untuk iOS Siapkan Fitur Edit Pesan Teks yang Terkirim