Entertainment

Ed Sheeran Bantah Dirinya Lakukan Plagiat di lagu ‘Shape of You’

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 9th 2022

Ed Sheeran sedang menjalani persidangan akibat tuduhan melakukan pelanggaran hak cipta dalam lagu Shape of You. Dalam pernyataannya, Ed membantah dirinya meniru bagian dari sebuah lagu berjudul Oh Why.

Shape of You dirilis pada 2017 lalu dan berhasil jadi lagu yang hits banget. Namun, Sami Chokri (nama panggungnya adalah Sami Switch) and Ross O’Donoghue mengajukan gugatan pada Ed. Sami dan Ross menyebut bahwa Shape of You punya kemiripan dengan karya mereka yang berjudul Oh Why. Lagu tersebut dirilis pada 2015.

Sami dan Ross berpendapat bahwa lagu Shape of You meniru “beberapa frasa” yang mereka pakai dalam lagu Oh Why. Bagian yang dimaksud adalah bagian post-chorus Shape of You yang berbunyi, “Oh, I, oh, I, oh, I, oh, I / I'm in love with your body.”

Nah, lagu Oh Why memiliki bagian berbunyi, “Oh why oh why oh why oh / Why do I put my self through this.” Cek lagunya di bawah ini.

Di persidangan sebelumnya, Sami dan Ross berpendapat bahwa Ed meminjam ide orang lain dan menuangkannya dalam karya. “Ia meminjam ide-ide dan menjadikannya lagu. Kadang ia akan mengakuinya, kadang tidak,” ujar mereka.

Di persidangan kali ini, Ed memberikan pernyataannya. “Aku selalu mencoba untuk adil dalam memberikan kredit pada setiap orang yang berkontribusi dalam karyaku. Kalau aku mengambil referensi dari karya lain, aku memberitahu timku untuk memproses langkah-langkahnya,” ungkapnya.

“Aku selalu berusaha teliti dan juga memberi kredit pada orang yang memengaruhi karyaku meski pengaruhnya tidak besar. Ini karena aku ingin memperlakukan penulis lagu secara adil,” lanjutnya.

Bukan hanya Ed yang menerima tuntutan hukum akibat tuduhan pelanggaran hal cipta. Dua Lipa juga mengalami tuduhan serupa buat lagu Levitating. Semoga semua persoalannya bisa menemui titik temu ya. (*)

 

Gambar: Instagram @edsheeran

Artikel Terkait
Entertainment
Ed Sheeran Menangkan Gugatan Hukum Lagu ‘Shape of You’, Tak Terbukti Plagiat

Entertainment
Ed Sheeran Rekam Semua Proses Pembuatan Lagu setelah Hadapi Gugatan Hak Cipta

Entertainment
MV ‘Thousand Miles’ The Kid LAROI Dituduh Plagiat oleh Artis Indie Oliver Tree