Tech

Amazon Meluncurkan Aplikasi Pesaing Clubhouse, Amp

Jingga Irawan

Posted on March 9th 2022

Amazon meluncurkan aplikasi pesaing Clubhouse bernama Amp. Jika Clubhouse lebih fokus pada ruang audio obrolan, aplikasi baru milik perusahaan retail terbesar di dunia itu lebih fokus pada mendengarkan musik.

Pengguna yang mendaftar ke aplikasi bisa menggelar live-show sendiri, lengkap dengan fitur untuk memutar puluhan juta lagu berlisensi dari artis label rekaman besar. Tujuan utama Amp adalah mengubah setiap pengguna menjadi DJ radio, dapat memprogram playlist, berbicara dengan pendengar, dan mengobrol dengan call-in guest.

Yang terpenting, host acara dan pendengar nggak perlu berlangganan layanan tertentu untuk mendengarkan musik. Siapa pun dapat mendengarkan lagu berdurasi penuh secara gratis setelah mereka mendaftar ke Amp.

Amazon mengklaim aplikasinya lebih bergaya radio daripada layanan obrolan langsung. Clubhouse dan Twitter Spaces sudah memiliki kehadiran besar di ruang audio, tetapi nggak satu pun dari mereka yang memiliki perjanjian lisensi musik seperti yang dilakukan Amazon, sehingga layanan tersebut lebih fokus pada percakapan antara tuan rumah dan tamu.

Untuk menarik pengguna, Amazon menghadirkan beberapa pembawa acara selebriti. Nicki Minaj, Pusha T, Tinashe, Travis Barker, Lil Yachty, dan Big Boi adalah beberapa artis yang akan melakukan streaming di Amp.

Amazon belum mengatakan kapan mereka akan aktif. Juga nggak akan ada insentif monetisasi untuk host (non-selebriti) saat peluncuran. Namun, juru bicara Amp Rebecca Silverstein mengatakan pada The Verge kalau Amazon ingin menambahkan fitur insentif bagi kreator konten nantinya.

Layanan ini diluncurkan pada Selasa (8/3), tetapi baru dirilis dengan versi beta yang cukup terbatas. Pun aplikasinya juga khusus tersedia di iOS, dan akan ada daftar tunggu untuk mendapatkan akses. Sementara ini, aplikasi itu hanya tersedia di AS, yang kemungkinan berkaitan dengan kerumitan seputar kepemilikan hak musik. (*)

Foto: Amazon

Artikel Terkait
Tech
Amazon Garap App Pesaing Clubhouse, Pengguna Bisa Jadi DJ!

Tech
Demi Obrolan Lebih Nyata, Clubhouse Tambah Fitur Audio Spasial

Tech
Twitter Berusaha Akuisisi Clubhouse dengan Tawaran Senilai Rp 58 Triliun