Current Issues

Hore! Kompetisi Olahraga Sudah Bisa Disaksikan Penonton, Ini Syaratnya...

Dwiwa

Posted on March 7th 2022

Ada kabar gembira nih buat kalian yang sudah rindu untuk menyaksikan berbagai kompetisi olahraga secara langsung di lapangan. Pasalnya, pemerintah telah melonggarkan sejumlah aturan untuk seluruh kompetisi olahraga.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Senin (7/3) dalam keterangan pers Evaluasi PPKM secara virtual. Dalam kesempatan itu, Luhut mengatakan jika kompetisi olahraga bisa kembali menerima penonton dengan syarat sudah mendapatkan booster dan menggunakan PeduliLindungi.

Tetapi tentu saja jumlah penonton yang diizinkan untuk hadir secara langsung tidak akan sama untuk setiap wilayah. Kapasitas penonton ini akan disesuaikan dengan level PPKM di setiap daerah.

Daerah yang memiliki level 4, jumlah penonton yang diizinkan hadir hanya 25 persen. Angka ini naik menjadi 50 persen untul wilayah level 3, kemudian 75 persen untuk level 2, dan 100 persen kehadiran penonton untuk daerah dengan level PPKM 1.

Tidak hanya itu saja, dalam kesempatan yang sama Luhut juga menyampaikan jika syarat perjalanan rapid tes antigen atau pun PCR tidak akan lagi diwajibkan bagi pelaku perjalanan domestik. Kelonggaran persyaratan ini nantinya akan bisa dinikmati bagi masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Aturan tersebut bakal segera dikeluarkan pemerintah melalui Surat Edaran yang akan diterbitkan oleh kementerian dan lembaga terkait lain dalam waktu dekat.

Kebijakan baru ini merupakan bagian dari upaya transisi menuju aktivitas normal. Selain itu, keputusan juga dikeluarkan karena kasus terkonfirmasi Covid-19 terus melandai dalam beberapa waktu terakhir.(*)

Foto: DBL Indonesia

Artikel Terkait
Current Issues
Indonesia Berencana Buka Perbatasan Pada November

Current Issues
PPLN Tak Lagi Perlu Karantina Asal Negatif Covid dan Vaksin Lengkap

Current Issues
Studi: Tanpa Booster, Efektivitas Vaksin Covid Menurun Setelah 6 Bulan