Tech

Kebiasaan Ini Bikin Laptop Kamu Cepet Rusak, Stop Mulai Sekarang!

Dwiwa

Posted on March 7th 2022

Tidak bisa dipungkiri, semenjak pandemi Covid-19 laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan, baik untuk bekerja maupun belajar. Tetapi tingginya frekuensi penggunaan ini terkadang membuat orang tidak sadar melakukan kebiasaan yang sebenarnya dapat memperpendek umur laptop.

Jika dilihat sekilas, kebiasan-kebiasaan buruk itu memang terlihat sepele. Tetapi hal sepele sekalipun jika dilakukan terus-terusan juga akan membuat laptop jadi gampang rusak. Jika sudah begitu, tentu kamu harus merogoh isi dompet untuk melakukan perbaikan, atau paling buruk harus membeli perangkat baru.

Tapi, kebiasaan sepele seperti apa sih yang bisa membuat laptop kita jadi lebih cepat rusak? Dilansir Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, berikut empat kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan laptop cepat rusak.

 

1. Cara pasang charger

Cara pengisian daya pada laptop ternyata punya dampak besar terhadap daya tahan laptop. Cara yang benar untuk mengisi daya adalah mencolokkan charger ke kontal listrik baru disambungkan ke laptop. Jika kalian melakukan sebaliknya, motherboard laptop bakal cepat rusak karena listrik belum stabil.

 

2. Mengisi baterai nonstop

Tidak hanya cara mengisi daya, lama dan waktu pengisian baterai laptop juga berperan penting. Biasakan untuk tidak mengisi baterai laptop ketika presentasenya masih banyak. Apalagi jika pengisian daya dilakukan nonstop. Bukannya awet, daya baterai laptop justru jadi boros.

 

3. Terlalu sering menekan tombol power

Menekan tombol power ketika laptop tidak memberikan respon atau freezing sering menjadi jalan ninja bagi sebagian orang. Cara ini dianggap sebagai yang paling gampang untuk mengatasi masalah. Padahal jika laptop sering dimatikan secara paksa, mesin laptop jadi lebih mudah rusak. Sebagai gantinya, kalian bisa lebih dulu mencoba menutup software  yang bermasalah lewat Task Manager.

 

4. Terlalu sering sleep mode

Banyaknya tugas dan pekerjaan sering membuat kita mematikan laptop dengan mengaktifkan sleep mode. Tetapi cara yang terdengar praktis ini ternyata justru bikin baterai laptop jadi boros loh.

Laptop itu juga bisa mengalami kelelahan seperti kita. Jika sudah lelah, dia perlu istirahat agar bisa kembali memiliki performa terbaik. Karena itu, biasakan untuk mematikan laptop jika sudah selesai dipakai. Pastikan kondisi laptop benar-benar mati alias sudah di-shut down, bukan sleep mode atau hibernate.

 

Nah itu tadi empat kebiasaan sepele yang bisa membuat laptopmu jadi cepat rusak. Yuk mulai kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang. (*) 

Artikel Terkait
Tech
Laptop Panas Bikin Lemot dan Bahaya, Ini 5 Cara Mendinginkannya

Tech
Cari Laptop Bekas untuk Belajar dari Rumah? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli

Tech
Jangan Lakukan 4 Hal Ini Kalau Tak Mau Baterai Laptop Cepat Rusak