Interest

Suka Ngemil Manis? 7 Cara Ini Bantu Kamu Atasi Ngidam Gula

Dwiwa

Posted on March 6th 2022

Banyak orang yang menyukai camilan manis. Tetapi mungkin banyak yang tidak sadar telah menjadi candu terhadap makanan manis. Apalagi, saat ini banyak gula tambahan yang dimasukkan ke dalam makanan yang kita beli.

Dilansir Eat This, Not That!, sebuah laporan dari Frontiers in Psychiatry telah menelliti dengan berbagai cara dan menemukan bahwa konsumsi gula yang besar berpotensi mengubah cara otak mengirimkan sinyal ke tubuh.

Karena peningkatan konsumsi gula, otak sekarang mengirmkan sinyal ke tubuh untuk makan sebanyak mungkin atau dikenal sebagai “mode bertahan hidup”. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa kita menginginkan gula setelah mengonsumsi "makanan tidak sehat."

Klinik Cleveland mengatakan ada tiga alasan utama orang menginginkan gula, yakni ketika tidak cukup makan, banyak makan makanan olahan dengan tambahan gula dan garam, atau tubuh mencoba menyampaikan sesuatu yang lain.

Nah, jika kalian adalah salah satu orang sangat suka nyemil makanan manis, berikut ada tujuh cara mudah untuk membantu agar tidak terlalu candu dengan gula.

 

1. Sarapan lengkap

Sarapan lengkap adalah cara mudah untuk membuat kalian tidak menginginkan gula sepanjang hari. Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD penulis The Sports Nutrition Playbook mengutip sebuah pepatah lama soal ini, “Makan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti orang miskin”.

“Mereka yang memulai hari dengan sarapan lengkap dengan karbohidrat tinggi serat (seperti gandum, roti gandum 100 persen, dan buah) dan protein berkualitas tinggi (seperti daging tanpa lemak, telur, makanan olahan susu) memulai hari dengan gula darah yang stabil. Biasanya orang yang makan lebih banyak di pagi hari menginginkan lebih sedikit makanan saat malam dan lebih bisa mengontrol ukuran porsi mereka," kata Goodson

 

2. Makan camilan karbohidrat tinggi serat dan protein

Memilih camilan yang tepat adalah langkah penting lainnya dalam mencoba menekan keinginan makan manis. Ketika kita lapar di pagi atau sore hari, mencari pilihan mengenyangkan daripada sesuatu yang tinggi gula sebenarnya akan lebih efektif.

"Serat dan protein memperlambat pencernaan, membantu kita kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama. Jadi, ketika dipasangkan bersama, mereka membantu menstabilkan gula darah dan tingkat energi, membuat kita merasa puas," ujar Goodson. "Kombinasi nutrisi ini akan membantu kita menangkal keinginan mengidam gula."

 

3. Jangan biarkan dirimu terlalu lapar

Orang sering berpikir bahwa dengan melewatkan camilan atau makan, mereka menjadi "lebih sehat". Tetapi cara ini hampir selalu berakhir dengan keinginan untuk makan manis yang lebih kuat.

Ketika orang terlalu lapar, mereka biasanya tidak mencari brokoli. Sebaliknya, mereka mencari sesuatu yang manis untuk menaikkan gula darah mereka kembali normal. Penurunan gula darah adalah hal yang nyata; itu bisa membuat kalian merasa lelah, memiliki sakit kepala, dan bahkan mengalami pusing, gemetar, dan mual. ​​

"Makan lebih sering dan menyeimbangkan makanan atau camilan dengan karbohidrat dan protein dapat mencegah penurunan gula darah dan pada akhirnya membantu kalian menghindari mengidam gula tersebut," kata Goodson.

 

4. Camilan buah plum

Jika kalian sangat menginginkan gula, tubuh mungkin mendapat manfaat dari mengonsumsi beberapa rasa manis alami daripada camilan yang dikemas dengan banyak gula tambahan.

"Plum adalah buah manis alami penuh nutrisi penting yang mendukung kesehatan tulang. Dan data yang dipublikasikan di Nutrition Bulletin menunjukkan bahwa orang yang mengemil buah plum mengonsumsi lebih sedikit kalori saat makan dan dilaporkan kurang lapar dibandingkan dengan mereka yang makan buah prune (plum yang dikeringkan). makan camilan non-prune," kata Lauren Manaker, MS, RDN, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility.

 

5. Latih kebiasaan yang meningkatkan serotonin

Makan gula mungkin memberi kita rasa kepuasan instan. Tetapi sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan rasa yang sama. Manaker menjelaskan gula dapat meningkatkan kadar serotonin di otak.

Serotonin adalah 'hormon perasaan baik', dan orang mengira mereka mendambakan gula padahal mereka hanya mendambakan dorongan serotonin itu. Dalam studi pada hewan, kadar serotonin yang lebih rendah di otak telah dikaitkan dengan ngidam gula.

Selain gula, kadar serotonin juga bisa didapat dari olahraga dan paparan sinar matahari. Cara ini juga dapat menimbulkan perasaan bahagia, dan mungkin membantu mengurangi keinginan kalian terhadap gula.

 

6. Tidur yang konsisten dan nyenyak

Tidur memiliki peran yang tidak kalah penting untuk menjaga kamu dari menginginkan gula berlebih. Kelelahan dan kurang tidur menyebabkan perubahan keseimbangan hormon alami.

"Hal ini mungkin mengakibatkan tubuh menginginkan gula dan 'karbohidrat cepat' lainnya. Karena itu, penting untuk memprioritaskan tidur jika kalian ingin melawan keinginan makan banyak gula," kata Manaker.

 

7. Makan makanan kaya magnesium

Saat menginginkan gula, tubuh sebenarnya mencoba untuk menyampaikan bahwa ia kekurangan vitamin atau nutrisi. Manaker mengatakan mengidam gula merupakan salah satu efek dari kekurangan magnesium.

“Untuk menghindarinya, pastikan kalian mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, dan makanan lain yang mengandung magnesium secara konsisten untuk membantu memerangi kadar rendahnya. Jika diperlukan, suplemen juga bisa dipertimbangkan,” ujarnya. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Makanan yang Bisa Bikin Energi Kamu Nggak Ada Habisnya!

Interest
8 Makanan Pereda Stres, No. 5 Gampang Banget Didapat

Interest
Berapa Lama Ayam Matang Boleh Disimpan di Kulkas?