Current Issues

Bagaimana Kita Tahu Bahwa Covid-19 Sudah Jadi Endemi?

Dwiwa

Posted on March 6th 2022

Dua tahun setelah pandemi Covid-19 berlangsung, banyak negara yang sudah menyiapkan diri untuk bertransisi ke masa endemik. Itu berarti virus kemungkinan akan terus beredar di dalam populasi, tetapi dengan tingkat rendah atau musiman.

Banyaknya berita tentang transisi pandemi ke endemi tentu membuat kita bertanya-tanya, bagaimana caranya untuk tahu apakah aman untuk membuka masker dan melanjutkan aktivitas normal. Lalu, sinyal seperti apa yang harus kita cari untu menentukan apakah kita perlu melanjutkan jaga jarak.

Untuk membantu kalian menemukan jawaban, berikut 5 hal yang bisa menjadi indikator menurut dr. Jay Bhatt, ahli penyakit dalam dan instruktur di UIC School of Public Health seperti dilansir ABC News.

 

1. Jumlah kasus

Indikator pertama yang bisa dilihat adalah jumlah kasus baru yang ada di suatu daerah. Jumlah kasus baru yang rendah berarti tingkat risikonya juga kecil.

Meskipun vaksinasi memainkan peran kunci dalam menjaga jumlah kasus tetap rendah, itu bukan satu-satunya cara untuk sampai ke sana. Kebanyakan orang yang terinfeksi Covid-19 mengembangkan sejumlah kekebalan terhadap virus. Sejumlah studi mengatakan jika penyintas yang kemudian divaksin Covid-19 mengembangkan kekebalan yang lebih baik.

 

2. Rawat inap

Jika kita melihat rawat inap terus menurun dan tetap stabil, itu akan menunjukkan endemisitas. Hanya mengandalkan jumlah kasus harian yang rendah mungkin bisa mengecoh. Sebab, meskipun jumlah kasus yang dilaporkan rendah, peningkatan rawat inap dapat menunjukkan bahwa virus telah bermutasi dan risiko infeksi dapat meningkat dengan cepat.

“Fase baru pandemi membutuhkan kalibrasi ulang metrik yang langsung menyoroti dampak populasi yang sebenarnya,” ujar kontributor ABC News dan Chief Innovation Office di Rumah Sakit Anak Boston John Brownstein, Ph.D.

Dia menambahkan meskipun kasus kurang parah, jumlah rawat inap akan terus menjadi indikator kuat yang dapat diandalkan oleh kesehatan masyarakat. Meskipun bukan ukuran yang paling tepat sepanjang waktu, kapasitas rumah sakit akan terus mencerminkan tingkat risiko di masyarakat dan membantu memandu keputusan tentang upaya mitigasi.

 

3. Tingkat kematian

Menurut Jodie Guest, ahli epidemiologi di Emory University, salah satu ukuran tingkat keparahan virus adalah tingkat kematian. Jika kita melihat kurang dari 100 kematian Covid-19 sehari secara nasional, menurut Guest, virus tersebut telah mencapai fase endemik. Tentu saja, kita perlu mengawasi varian dan wilayah tertentu dari negara di mana penyebaran komunitas mungkin berbeda.

 

4. Sampel air limbah

Ya, menjijikkan, tetapi air limbah yang mengalir melalui sistem saluran pembuangan dapat memberi tahu kita banyak tentang penyakit yang mungkin beredar di masyarakat.

Sampel air limbah sangat penting karena orang menyebarkan virus ketika mereka berada pada tahap awal infeksi. Itu berarti kita dapat mengidentifikasi peningkatan tingkat infeksi bahkan sebelum orang mulai menunjukkan gejala.

 

5. Kluster outbreak

Hal yang kita jelas kita ketahui soal Covid-19 adalah itu sangat menular. Itu berarti pejabat kesehatan masyarakat harus dapat mengidentifikasi kluster outbreak di sekolah dan tempat kerja, yang kemungkinan menandakan meningkatnya tingkat penyakit.

 

Namun terlepas dari lima indikator tersebut, ada satu hal yang harus diingat. Memasuki fase endemik bukan berarti Covid sudah berlalu. Pasalnya, masing-masing daerah memiliki situasi yang berbeda-beda, misalnya soal tingkat vaksinasi.

Selain itu, hanya karena lebih sedikit dari kita yang sakit, tidak berarti kita tidak perlu mengambil tindakan pencegahan seperti mencuci tangan dan mendapatkan booster saat direkomendasikan.

"Kita berada dalam fase endemik ketika kasus, rawat inap, dan kematian telah mencapai kondisi stabil," kata Dr. Megan Ranney, seorang dokter praktik dan dekan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brown. "Namun, ingat, 'endemik' itu tidak sama dengan 'tidak berbahaya.'." (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Varian Omicron Merajalela di Sejumlah Negara, Lakukan Hal Ini Agar Tak Terpapar

Current Issues
Kasus Harian Indonesia Kembali Tinggi, Lakukan Hal Ini Agar Terlindung Covid-19

Current Issues
Masih Ada Ribuan Desa dan Kelurahan Tak Patuh Protokol Kesehatan