Interest

Benarkah Tidur Miring ke Kiri Membahayakan Jantung?

Dwiwa

Posted on March 6th 2022

Setiap orang pasti memiliki posisi paling nyaman ketika akan tidur. Ada yang nyaman dengan posisi miring ke kanan, ada yang telentang, ada juga yang harus miring ke kiri. Tetapi tahukah kalian jika ternyata ada posisi tidur tertentu yang berpotensi menimbulkan dampak buruk untuk jantung?

Sejumlah studi telah menemukan ternyata tidur dalam posisi miring ke kiri bisa menyebabkan masalah pada jantung. Meskipun masih belum banyak penelitian terkait topik ini, Healthline melaporkan beberapa ilmuwan telah mempelajari bagaimana posisi tidur yang berbeda mungkin berdampak pada jantung.

Dua studi kecil yang dilakukan pada 1997dan 2018 memiliki temuan yang hampir serupa. Keduanya melakukkan studi dengan menggunakan elektrokardiogram (EKG) untuk memonitor aktivitas listrik jantung.

Hasilnya, kedua studi menemukan jika orang yang tidur miring ke kiri menunjukkan perubahan EKG paling signifikan ketika istirahat. Selain itu, pada studi 2018 juga digunakan teknik pencitraan yang dikenal sebagai vectordiography yang menunjukkan jika jantung juga berputar dan bergeser dalam posisi tersebut, yang menurut para peneliti mungkin menjelaskan perubahan yang terekam.

Sebagai perbandingan, hampir tidak ada perubahan EKG yang dicatat ketika peserta tidur miring ke kanan. Pencitraan menunjukkan lapisan tipis jaringan di antara paru-paru yang dikenal sebagai mediastinum benar-benar menahan jantung dengan aman di tempatnya saat tidur seperti itu.

Namun, kedua studi menyimpulkan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana posisi tidur dapat mempengaruhi aktivitas jantung secara keseluruhan. Meskipun beberapa pasien yang didiagnosis dengan gagal jantung kongestif telah melaporkan kesulitan bernapas atau ketidaknyamanan saat tidur di sisi kiri mereka, tidak ada kesimpulan pasti bahwa tidur miring ke kiri dapat menyebabkan risiko penyakit jantung meningkat jika kalian belum memilikinya.

Di sisi lain, beberapa ahli mengklaim bahwa tidur miring ke kiri tidak berbahaya tetapi justru dapat membantu fungsinya. Dilansir Bestlife, menurut W. Christopher Winter, MD, direktur medis dari Martha Jefferson  Hospital Sleep Medicine Center di Charlottesville, Virginia, itu ada hubungannya dengan bagaimana darah bersirkulasi.

Karena darah masuk kembali ke jantung melalui atrium kanan di sisi kanan tubuh, tidur di sisi kanan dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah utama yang memberi makan organ. Tetapi Winter mengatakan kepada CNN pada 2016 jika tidur miring ke kiri dengan sisi kanan tidak terjepit seharusnya berpotensi meningkatkan aliran darah kembali ke jantung.

Dokter mengatakan beberapa orang dengan kondisi jantung mungkin ingin menghindari tidur telentang atau miring ke kiri.

Tentu saja, saran tentang posisi tidur berbeda bagi mereka yang telah didiagnosis menderita penyakit jantung. Meskipun rekomendasi seharusnya datang dari dokter dalam kasus ini, beberapa dokter mendukung gagasan bahwa menghindari sisi kiri di malam hari bisa bermanfaat.

"Mereka yang pernah mengalami gagal jantung atau kondisi jantung lainnya harus tidur miring ke kanan bila memungkinkan. Tidur miring ke kanan memungkinkan jantung beristirahat di tempatnya dengan bantuan mediastinum, mencegah gangguan arus listrik jantung kita," tulis Tri-City Cardiology di Mesa, Arizona menggemakan temuan penelitian sebelumnya. "Ini akan membantu menangkal masalah pernapasan dan ketidaknyamanan saat tidur."

Namun, mereka memperingatkan bahwa telentang dapat menimbulkan masalah lain, dengan mengatakan bahwa posisi itu dapat memperburuk sleep apnea (pernapasan berhenti beberapa kali saat tidur). Orang dengan sleep apnea lebih mungkin mengalami penyakit jantung.

Alih-alih menciptakan sakit punggung dengan berbaring tengkurap, para ahli merekomendasikan tidur telentang dan mengangkat kepala dengan bantal, yang membantu meningkatkan pernapasan dan mengurangi tekanan pada jantung. (*)

 

Foto: Pexels/Ivan Oboleninov

Artikel Terkait
Lifestyle
Ini Loh Posisi Tidur yang Disebut Pakar Medis Paling Buruk

Interest
Penelitian: Durasi Tidur Dapat Pengaruhi Kesehatan Otak

Interest
Jangan Sepelekan, Tidur Ternyata Penting Loh untuk Kesehatan Otak