Sport

Jorge Lorenzo Ramalkan Ducati Juara Dunia MotoGP 2022

Tora Nodisa

Posted on March 3rd 2022

Foto: Auto Motori News

MotoGP 2022 akan menjadi musim pertama tanpa Valentino Rossi sejak tahun 2000. Namun masih ada juara dunia lima kali, yaitu Jorge Lorenzo yang bakal kalian dengar suaranya. Sebab, Lorenzo resmi dikontrak oleh Dazn Espana, saluran livestreaming MotoGP. Menurut Lorenzo, tidak ada Rossi membuat peluang pabrikan lain menjadi juara dunia. Lorenzo menjagokan Ducati yang bakal menjuarai balapan musim 2022. 

Dazn tertarik merekrut Lorenzo karena selama ini dia sudah sering mengunggah komentar-komentar menarik soal MotoGP di akun YouTube miliknya. Akun tersebut diikuti lebih dari 55 ribu subscriber. Beberapa bulan terakhir Lorenzo sudah membuat prediksi-prediksi tentang balapan musim 2022. Sehingga banyak saluran televisi yang memintanya menjadi narasumber. 

Lorenzo pensiun pada tahun 2019. Dalam lima tahun terakhir karirnya, Lorenzo pindah tiga pabrikan. Sehingga dia tahu seluk beluk tiga pabrikan besar di MotoGP yaitu Honda, Yamaha, dan Ducati. 

"Saya tahu mana motor yang dikembangkan dengan baik. Saya juga tahu siapa saja yang bekerja di sana. Saya memulai semuanya pada usia 15 tahun dan pensiun pada usia 32 tahun. Maka saya tahu asam garam dunia balapan ini. Saya juga seorang juara dunia MotoGP," katanya. 

Setelah menjelaskan profilnya, Lorenzo mulai mengatakan prediksinya mulai dari kelas 3 di MotoGP. Untuk Moto3, Lorenzo tidak terlalu memperhatikan. Sehingga dalam waktu yang singkat dia harus belajar lagi. Sementara untuk Moto2, dia sudah punya pembalap favorit.

"Pedro Acosta adalah pembalap favorit saya. Jika dia berhasil menang tahun ini sebagai rookie, maka Pedro mencatatkan sejarah di MotoGP sebagai pembalap yang menjuarai dua kategori sebagai rookie. Saya pikir dia bisa melakukannya," ungkap Lorenzo. 

Beranjak ke kategori utama MotoGP. Lorenzo membuat prediksi yang mengejutkan. Dia menyebut bahwa Ducari bisa jadi juara di musim 2022 ini. 

"Sejak Marc Marquez cedera, tidak ada pembalap favorit untuk menjuarai musim. Siapa saja yang berdiri di lima besar punya kesempatan yang sama. Seperti yang kita lihat ketika Fabio Quartararo mengejutkan semua orang musim lalu," katanya. "Marc akan turun lagi, tampaknya dalam kondisi yang bagus. Quartararo juga bagus. Tapi saya berpikir Ducati bakal juara tahun ini."

Lorenzo menjelaskan bahwa Honda belum punya sosok yang bisa mendukung upaya Marc Marquez mengamankan gelar juara. Marc harus berjuang sendirian di sirkuit. Sementara, kabar keretakan Quartararo dan Yamaha, membuat Lorenzo menggesernya dari favorit peraih gelar musim ini. 

"Cepat atau lambat, Ducati bakal juara dunia. Saya pikir tahun ini giliran mereka (Ducati)," tegasnya. 

Jorge Lorenzo memulai karirnya di MotoGP sehak tahun 2002. Dia naik kelas MotoGP pada tahun 2008 setelah direkrut Yamaha. Pembalap asal Spanyol tersebut pindah ke Ducati selama dua musim (2017-2018), lalu menutup karirnya bersama Honda di tahun 2019. Lorenzo tercatat sebagai juara dunia Moto2 dua kali (2006 dan 2007), serta tiga kali juara dunia MotoGP (2010, 2012, dan 2015). Dia mengalami masa keemasan bersama Yamaha. (*)

Artikel Terkait
Sport
Jorge Lorenzo Dilantik Jadi Hall of Fame MotoGP

Sport
Kalau Ducati Bikin Skenario Menangkan Bagnaia, Habislah Quartararo

Sport
Juara Dunia Downhill Greg Minnaar Kapok Dibonceng Randy Mamola