Sport

Edisi Spesial di Hari Jadi ke-35 Air Max 1

Tora Nodisa

Posted on March 2nd 2022

Foto: Sneakerbar Detroit

Nike Sportswear merayakan hari jadi ke-35 model Air Max 1 dengan merilis sepatu spesial. Kali ini Nike menggandeng retail sneakers Boston Concepts untuk membuat desain Air Max 1 spesial ini. Koleksi tersebut ada tiga sepatu yang diberi tajuk "Mellow". 

Koleksi "Mellow" dari Concepts x Nike Air Max 1 tersebut akan dirilis resmi pada 5 Maret 2022. Mengambil tiga jalur warna yang terinspirasi dari budaya, musik, dan trent pada akhir tahun 60-an. Tiga sepatu tersebut dinamakan "Friday", "Saturday", dan "Sunday". Namanya sengaja dibuat mirip dengan nama-nama hari agar mudah diingat. 

Nike bermaksud ingin menggambarkan bahwa di masa-masa tersebut, festival musik menjadi suguhan agenda musiman yang dinanti-nanti penggemar. Biasanya diselenggarakan dalam beberapa hari di akhir pekan. Dalam festival tersebut terdapat banyak pesan, termasuk persatuan, kedamaian, kebersamaan, dan keberagaman. 

Secara desain, mereka tidak mengubah Air Max 1 yang sangat ikonik. Tapi beberapa pernah-pernik ditambahkan dalam sepatu tersebut. Mulai dari warna-warna unik, sampai ada hangtag berupa pick gitar. Untuk mengenali sepatu tersebut juga sangat mudah. Terdapat logo Concept di lidah sepatu. 

"Nike telah menjadi mitra luar biasa untuk Concepts, sehingga kami ingin menghormati mereka ketika diajak untuk membuat proyek ini," kata Deon Point, selaku Direktur Kreatif Concepts. "Air Max 1 dibuat pada era di mana festival musik mulai meraja lela. Kami ingin membangkitkan ingatan orang-orang mengenai hal tersebut. 

Nike sendiri belum mengeluarkan list harga sepatu ini. Namun sepatu Air Max 1 "Friday" tampaknya bakal meluncur lebih dulu. Sementara sisanya, yaitu "Saturday" dan "Sunday" akan dirilis setelahnya. 

Nike Air Max 1 pertama kali dirilis tahun 1987. Ini merupakan sepatu yang menjadi tonggak sejarah inovasi dan desain alas kaki. Air Max 1 didesain oleh Tinker Hatfield, yang dua tahun sebelumnya mendesain sepatu Air Jordan 1. Saat itu, Tinker hanya menyempurnakan teknologi Nike Air yang sudah dipakai sejak tahun 1970-an. Namun siapa sangka kalau Air Max 1 bakal jadi sepatu dengan desain yang tak lekang zaman. Pada 26 Maret 1987, Nike Air Max 1 dirilis ke pasaran. Sejak saat itu, tanggal 26 Maret diperingati sebagai Hari Air Max. (*)

Artikel Terkait
Interest
Happy Air Max Day!

Lifestyle
Nike Buat Air Max 97 untuk Memperingati Sejarah Phil Knight dan Frank Rudy

Sport
10 Jersei Timnas Piala Dunia yang Wajib Dikoleksi, Korea Colorfull Banget