Sport

Nike Kobe, Sepatu Paling Populer di NBA Musim Ini

Tora Nodisa

Posted on March 2nd 2022

Foto: Wallpaper Cave

Penggemar NBA khususnya Los Angeles Lakers, tentu tahu kalah mendiang Kobe Bryant sekarang sudah tidak bisa lagi dikaitkan dengan Nike. Pasalnya, kedua belah pihak, Nike dan pewaris usaha Kobe Bryant, tidak sepakat untuk melanjutkan kerjasama untuk produk Nike Kobe. Fakta uniknya, justru sampai sekarang sepatu Nike Kobe jadi yang paling populer di NBA. 

Kalau kerjasamanya selesai, bagaimana Nike tetap bisa mengeluarkan koleksi Nike Kobe? Jawabnya simple, karena sebelum Kobe Bryant meninggal karena kecelakaan helikopter pada Januari 2020 silam, Nike sudah menyiapkan beberapa produk sampai tahun berikutnya. Itu termasuk peluncuran produk Kobe V dan Kobe 6. 

Kobe Bryant meninggal, dan pewarisnya tidak melanjutkan kerjasama dengan merek tersebut. Tapi sebenarnya, Nike masih punya beberapa produk yang peluncurannya dibatalkan. Dengan kata lain, mereka masih bisa merilis produk-produk tersebut ke pasaran. Sampai pada akhirnya, sudah tidak ada lagi desain produk Nike Kobe yang dimiliki Nike. 

Beralih ke NBA musim 2021-22. Menurut Kixstats, ada lima sepatu paling populer di NBA. Dua teratas adalah Nike Kobe. Nomor satu ada Nike Kobe 6 yang pernah dipakai 134 pemain. Di peringkat kedua ada Nike Kobe V yang pernah dipakai 122 pemain. Berturut-turut di bawahnya ada Nike PG 5 (86 pemain), Nike Air Zoom G.T. Cut (83 pemain), dan Nike Kyrie Low 4 (77 pemain). 

Sepatu Nike Kobe 6 ini semakin populer ketika yang memakainya adalah bintang-bintang muda NBA seperti Devin Booker (Phoenix Suns) dan Ja Morant (Memphis Grizzlies). Sementara beberapa warna juga menjadi favorit setelah dipakai oleh bintang Chicago Bulls DeMar DeRozan. Dengan kata lain, pamornya meningkat di kalangan anak muda. 

Di sisi lain, Nike Kobe 6 yang berpotongan rendah, sangat disukai oleh pemain yang berposisi sebagai guard. Dari jumlah 134 pemain tersebut, ada sekitar 123 pemain guard yang memakai Kobe 6. Sepertinya pamor Kobe belum meredup, meski sang "Black Mamba" sudah pergi dua tahun lalu. (*) 

Artikel Terkait
Sport
"MAMBACITA", Sepatu yang Mengubah Pendirian Vanessa Bryant untuk Nike

Sport
Nike Rilis "Mambacita" di Hari Ulang Tahun Gigi Bryant

Sport
Tribut Nike untuk Kobe Bryant, Model Anak-anak Kenakan Jersey Nomor 8 dan 24