Sport

Dampak Invasi ke Ukraina, FIFA dan UEFA Skors Semua Klub dan Timnas Rusia

Dwiwa

Posted on March 1st 2022

Klub sepak bola Rusia dan tim nasional telah diskors dari semua kompetisi oleh FIFA dan UEFA setelah invasi negara itu ke Ukraina. Badan pengatur sepak bola dunia dan Eropa itu mengatakan mereka akan dialrang sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Itu artinya, tim pria Rusia tidak akan memainkan pertandingan play-off Piala Dunia bulan depan. Sementara tim wanita telah dilarang mengikuti kompetisi Euro 2022 musim panas ini.

Spartack Moscow juga telah dikeluarkan dari Liga Eropa dan lawan mereka di babak 16 besar RB Leipzig akan melaju ke perempat final. UEFA juga telah mengakhiri sponsornya dengan raksasa energi Rusia Gazprom.

“Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina,” kata FIFA dan UEFA dalam pernyataan bersama, seperti dilansir dari BBC. “Kedua presiden berharap situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang.”

FIFA dan UEFA memutuskan untuk mengambil tindakan setelah Rusia, yang didukung oleh Belarus, melancarkan invasi militer ke negara tetangga Ukrainan Kamis lalu. Tim putra Rusia dijadwalkan menghadapi Polandia di semifinal play-off Piala Dunia pada 24 Maret.

Badan sepak bola Rusia, RFU, mengatakan sangat tidak setuju dengan keputusan tersebut dan akan menentangnya sesuai dengan hukum olahraga internasional.

FIFA sebelumnya telah memutuskan bahwa Rusia harus menyelesaikan pertandingan yang akan datang mereka di wilayah netral, dengan judul Football Union of Russia, dan tanpa bendera dan lagu kebangsaan mereka.

Tetapi, pengumuman itu menuai kritik. Skotlandia dan Republik Irlandia bergabung dengan beberapa negara lain, termasuk Inggris, Irlandia Utara dan Walers, serta Polandia, Republik Ceko dan Swedia, menolak bermain melawan Rusia.

Rusia berada di grup kualifikasi Kejuaraan U-21 Eropa dengan Irlandia Utara dan pertemuan mereka pada bulan Maret akan dibatalkan.

Final Liga Champions 2022, yang semula aakan dimainkan di St Petersburg pada 28 Mei, telah dipindahkan ke Paris. Sementara banyak klub telah mengambil langkah mereka sendiri untuk memisahkan diri dari Rusia.

Manchester United telah mengakhiri kesepakatan sponsorship dengan maskapai penerbangan nasional Rusia Aeroflot. Sedangkan klub Bundesliga Schalke telah membatalkan kemitraannya dengan sponsor utama Gazprom, setelah pekan lalu menghapus logo perusahaan energi Rusia dari kaosnya.

“Apa yang terjadi benar-benar menyedihkan. Sejujurnya, setiap kemungkinan sanksi yang dapat dikenakan pada Rusia saat ini harus dilakukan. Saya memuji FIFA dan saya memuji UEFA atas keputusan yang mereka buat hari ini,” ujar Jim Boyce, mantan wakil presiden FIFA dan presiden kehormatan FA Irlandia kepada BBC Radio Ulster. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Sport
UEFA: Klub yang Terlibat Liga Super Eropa Bakal Didepak Dari Semua Kompetisi

Sport
A Week in Review World Cup: Kejutan Bertebaran, Kekalahan Memalukan

Sport
Mayoritas Pendirinya Hengkang, Liga Super Eropa Bubar?