Korea

Bang Chan Stray Kids Ungkap Alasan Idol Pakai Pre-recording Saat Tampil Live

Delima Pangaribuan

Posted on February 28th 2022

Baru-baru ini, leader Stray Kids Bang Chan menjelaskan alasan idol atau grup menggunakan rekaman atau pre-recording saat tampil live di panggung. Penjelasan Bang Chan ini menuai apresiasi dari fans dan warganet.

Seperti diberitakan Koreaboo, Bang Chan menjawab pertanyaan fans seputar prerecording dalam live streaming terbarunya. Fans penasaran soal pre-recording karena belakangan makin banyak yang membahas soal idol yang tampil dengan bantuan suara rekaman. Hal itu sempat memunculkan kritik dari penonton. Namun, Bang Chan menjelasankan bahwa pre-recording memang dibutuhkan sama artis.

Menurut Bang Chan, ada dua jenis pre-recording. Pertama adalah pre-recording yang dibuat langsung di atas panggung, dan yang kedua adalah rekaman di studio tapi dibuat terdengar seperti di atas panggung. Alasan mengapa idol atau grup memutuskan pakai pre-recording berkaitan sama jadwal kegiatan mereka yang superpadat.

Pekerjaan idol nggak hanya tampil di atas panggung dan menyanyi sambil menari. Mereka harus latihan, kemudian bangun sejak pagi-pagi buta untuk make up. Belum lagi jika ada jadwal lain seperti wawancara, variety show, reality show... Waktu tidur mereka pun sangat terbatas. "Siklus yang intens dan non-stop ini seringkali berpengaruh besar buat suara idol," jelas Bang Chan.

Dengan intensitas kegiatan yang sangat padat, suara idol bisa jadi dalam kondisi kurang prima ketika mau tampil. Tapi mereka tetap harus memberikan perform terbaik. Maka dari itu, mereka memakai pre-recording sebagai penunjang performance di panggung. 

Karena itu, Bang Chan ngerasa kurang tepat kalau orang-orang menilai kemampuan menyanyi idol dari pre-recording. Banyak yang menganggap idol yang memilih cara itu sebenarnya nggak bisa menyanyi. Padahal kenyataannya nggak begitu. "Mereka semua punya kemampuan, mereka semua vokalis yang hebat. Makanya mereka bisa debut, kan," jelas Bang Chan.

Penjelasan Bang Chan ini mendapat respons positif dari fans dan warganet. "Aku sangat suka orang ini (Bang Chan). Cara dia bereaksi pada hampir semua karya orang lain, secara konsisten mendukung artis lain dan mengedukasi penggemarnya tentang hal-hal seperti ini menurutku sangat manis. Aku harapkan yang terbaik untuk Bang Chan dan Stray Kids," cuit @yoominzbabe. (*)

(Foto: Koreaboo)

Artikel Terkait
Korea
Kuasa Hukum Ini Ungkap Bagaimana Mereka Melacak Komentar Jahat Warganet

Korea
Sudah Dengerin 10 Lagu Solois Cewek Paling Hits 2021 Ini?

Korea
Seberapa Penting Line Distribution dalam Lagu KPop?