Tech

Samsung Rilis Jajaran Galaxy Book 2 Pro, Didukung Webcam 1080p

Jingga Irawan

Posted on February 28th 2022

Samsung mengumumkan laptop Galaxy Book 2 Pro baru dan Galaxy Book 2 Pro 360 dalam Mobile World Congress, bersama dengan non-Pro Galaxy Book 350 dan Galaxy Book 2 Business.

Model-model baru itu datang menyusul smartphone Galaxy S22 dan tablet Galaxy Tab S8 yang baru diumumkan pada acara Unpacked awal Februari. Seiring dengan peningkatan perangkat Galaxy, Samsung membuat beberapa pembaruan menarik daripada model tahun lalu.

Dilansir CNET, laptop Galaxy Book Pro generasi pertama, Samsung bekerja sama dengan Intel dan Microsoft yang nggak hanya menghadirkan pengalaman seluler luar biasa, tetapi juga bisa terhubung dengan perangkat Galaxy dan software lainnya.

Laptop tersebut secara otomatis akan terhubung ke Galaxy Buds, menggunakan Galaxy Tab S7 atau S8  sebagai layar sekunder nirkabel dan dapat menjalankan aplikasi seluler dari smartphone Galaxy kalian.

Kalian juga bisa masuk menggunakan satu akun Galaxy untuk mengakses aplikasi, pengaturan, dan konten di seluruh perangkat. Aplikasi Microsoft Your Phone juga bisa mengizinkan kalian melihat aplikasi terakhir yang kalian gunakan di ponsel, sehingga kalian dapat dengan mudah berganti dari smartphone ke laptop.

Ada juga dua tambahan favorit lainnya, yakni Private Share, yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan tautan berjangka waktu dan kemampuan untuk mencabut akses ke file. Ada juga Samsung Multi Control, di mana kalian dapat menggunakan keyboard dan touchpad laptop untuk mengetik dan menavigasi di Galaxy Tab tablet S8.

Fitur Unggulan Lain

Banyak laptop premium menawarkan sedikit keamanan ekstra untuk data, begitu pun juga Samsung. Pengguna Pro dan Pro 360 akan mendapatkan tingkat perlindungan yang sama seperti laptop bisnis perusahaan. Samsung juga menggunakan pembaca sidik jari match-on-chip untuk keamanan biometrik yang lebih terjamin.

Baik Pro dan Pro 360 (yang memiliki layar sentuh dan engsel 360 derajat) akan tersedia dalam ukuran 13,3 dan 15,6 inci. Tetapi Samsung masih menerapkan layar 16:9, meskipun produsen PC lain beralih ke tampilan 16:10 yang lebih tinggi.

Semua model memiliki panel AMOLED 1080p (meskipun Pro 360 memiliki layar sentuh Super AMOLED). Samsung juga meningkatkan kecerahan hingga 500 nits, itu 33 persen lebih terang daripada model generasi pertama. Pro 360 two-in-one juga mendukung pena, dan Samsung S Pen yang disertakan.

Semua model akan memiliki prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-12, memori hingga 32GB dan penyimpanan SSD hingga 1TB. Kalau kalian menginginkan grafik diskrit, Samsung akan menawarkan opsi Intel Arc hanya untuk Galaxy Book 2 Pro 15 inci. Ventilasi yang lebih besar dan pendinginan yang didukung oleh artificial intelligence (AI) akan menjaga laptop kecil tipis ini dari panas berlebih.

Samsung mengatakan laptop tersebut mampu memutar video hingga 21 jam dengan sekali pengisian daya dan dapat diisi ulang dengan cepat dengan pengisi daya USB-C 65 watt bawaan.

Satu fitur penting terakhir dari tahun lalu, Samsung memasang webcam 1080p dengan lensa sudut lebih lebar untuk bidang pandang 87 derajat. Perangkat lunak kamera Mode Studio Samsung sekarang menyertakan fitur pembingkaian otomatis sehingga kalian tetap berada dalam bingkai meskipun kalian berpindah-pindah, plus efek latar belakang buram. Namun, untuk Galaxy Book 2 360 (non-Pro) masih menggunakan webcam beresolusi lebih rendah.

Laptop Samsung Galaxy Book 2 Pro dan Galaxy Book 2 Pro 360 akan tersedia pada 1 April tetapi sudah bisa dipesan pada 18 Maret.

Galaxy Book 2 Pro 360 akan dibanderol mulai dari USD 1.250 (Rp 18 juta) dan tersedia dalam pilihan warna merah anggur (burgundy), graphite, dan silver. Galaxy Book 2 Pro akan tersedia dengan harga USD 1.050 (Rp 15,2 juta) untuk graphite dan silver.

Galaxy Book 2 360 non-Pro, yang hanya memiliki satu opsi layar 13,3 inci, akan dijual mulai dari USD 900 (Rp 13 juta) yang juga rilis pada 1 April. Laptop ini juga memiliki prosesor Intel generasi ke-12, layar AMOLED, dan dukungan untuk S Pen. Untuk versi Business, akan dilengkapi layar 14 inci dan dukungan Intel vPro.(*)

Foto: Samsung

Artikel Terkait
Tech
Merk Laptop Ini Udah Nyerah Jualan di Indonesia, Kamu Pernah Beli Nggak?

Tech
Setelah 35 Tahun Bertahan, Toshiba Resmi Tinggalkan Pasar Laptop

Tech
Apple Disebut Siapkan MacBook Air Ukuran 15 Inci