Sport

Jelang MotoGP 2022, Hubungan Yamaha dan Fabio Quartararo Malah Retak

Tora Nodisa

Posted on February 27th 2022

Foto: MotoGP

Seminggu sebelum MotoGP musim 2022, bursa transfer pembalap masih terasa panas. Meski sudah melalui tes pra-musim, termasuk di Mandalika, Indonesia. Kini kabar terbaru yang santer dibicarakan adalah soal Fabio Quartararo. Hubungan antara juara dunia asal Prancis tersebut dengan Yamaha dikabarkan retak. 

Isu keretakan ini dimulai saat pasar bursa transfer pembalap mulai bergerak. Ducati dan Pecco Bagnaia sepakat melanjutkan kerjasama. Lalu Marc Marquez bertahan di Honda sampai 2024. Dan, Franco Morbidelli akan bekerjasama dengan Yamaha sampai 2023. Sementara ada kabar soal pertukaran antara Fabio Quartararo dan Joan Mir. 

Kabar tersebut dipicu oleh komentar Quartararo pada tes balapan beberapa waktu lalu. Dia tetap mengeluhkan pengembangan motor YZR-M1 yang dirasa mesinnya tidak sesuai permintaan dan kebutuhannya sebagai pembalap. Prototipe yang dibuat oleh Iwata, ternyata dirasa Quartararo tidak mampu dipacu hingga kecepatan maksimal. Karena komentar tersebut hubungan Quartararo dan pabrikan garpu tala mulai renggang. 

Luigi Ciamburro dari Motori.News mengabarkan bahwa Lin Jarvis, Massimo Meregalli, dan sejumlah petinggi Yamaha sudah berkumpul untuk menyusun rencana cadangan. Langkah tersebut diambil kalau pada akhirnya Quartararo tetap tidak mau menyesuaikan diri dengan pengembangan motor Yamaha. Ada dua opsi yang kemungkinan bakal terjadi. Pertama, Quartararo bisa saja menerima perubahan, namun dia bakal meminta bayaran lebih tinggi saat perpanjangan kontrak disodorkan. Kedua, Quartararo bakal hengkang dari Yamaha saat musim 2022 berakhir. 

Menyusul kabar ini, ternyata Quartararo pernah mengungkapkan bahwa dirinya lebih tertarik dengan proyek pengembangan yang dilakukan Honda atau Suzuki. Karena kedua pabrikan tersebut mengembangkan motor sesuai keinginan pembalap, bukan memaksakan teknologi baru dan tidak mendengarkan saran-saran dari pembalapnya. (*)

Artikel Terkait
Sport
Fabio Qaurtararo Kukuh di Puncak Klasemen Setelah Menang di GP Barcelona

Sport
Hasil MotoGP: Joan Mir Lempar Handuk, Zarco-Miller Dekati Quartararo

Sport
Fabio Quartararo Back-to-Back Podium di Jerez