Entertainment

‘The King's Man’ dan Kisah Kematian Grigori Rasputin di Dunia Nyata

Jingga Irawan

Posted on February 27th 2022

The King’s Man sukses mengemas sisi lain dari kisah Perang Dunia I menjadi film petualangan yang lucu namun juga menegangkan. Film garapan sutradara Matthew Vaughn itu menampilkan sejumlah tokoh sejarah asli di dunia nyata. Karakter paling mencolok di antara semuanya adalah Grigori Rasputin, yang diperankan Rhys Ifans.

Beberapa dari kalian mungkin setuju jika MainMain menyebut Rasputin sebagai salah satu penjahat terbesar The King's Man yang paling ngeselin. Tetapi apakah kalian tahu gimana sih Rasputin yang asli mati di dunia nyata?

Dikisahkan dalam film, Rasputin merupakan anggota organisasi rahasia jahat yang dikenal sebagai Flock, ia terbukti memanipulasi Tsar Nicholas agar Rusia meninggalkan perang.

Rasputin di kehidupan nyata sebenarnya juga relatif dekat dengan karakter lain dalam The King’s Man. Seorang pria yang memproklamirkan diri sebagai orang suci berteman dengan Tsar Nicholas, Rasputin adalah sosok mistik yang dianggap nggak bisa dibunuh.

Walaupun begitu, kisah The King's Man tetap memasukkan cara kematian Rasputin. Ia meregang nyawa di tangan Duke of Oxford dan rekan-rekannya. Di kehidupan nyata, Rasputin tentu nggak dibunuh oleh seorang bangsawan Inggris dengan hal konyol seperti di film, tetapi soal kematiannya ada banyak kesamaan.

The King's Man memang mengubah beberapa peristiwa sejarah, namun untuk penanganan kematian Rasputin sebenarnya relatif hampir mendekati kebenaran. Nggak cuma sebatas pada penyebab kematiannya yang spesifik, tetapi juga peristiwa yang terjadi di sekitar pembunuhan itu, membuat kisah Rasputin di The King's Man akurat.

Sosok asli di dunia nyata, Felix Yusupov, yang juga muncul di The King's Man, mengamati kalau pengaruh Rasputin atas Tsar mengancam Rusia dan dia harus dibunuh. Menurut Yusupov, dia dan sekelompok kecil bangsawan dan politisi Rusia mengundang Rasputin ke rumahnya suatu malam dan menawarinya teh serta kue yang sudah diracuni dengan sianida. Sama seperti di film, racun itu nggak banyak berpengaruh pada Rasputin, sehingga memaksa Yusupov untuk menembaknya di dada.

Persis seperti The King's Man, Rasputin terbukti lebih tangguh daripada yang diduga pembunuhnya. Kembali beberapa jam kemudian ke ruang bawah tanah tempat dia meninggalkan Rasputin, Yusupov diserang oleh Rasputin yang ternyata masih hidup, memaksa rekan konspiratornya, Vladimir Purishkevich, untuk menembaknya lagi, kali ini di kepala. Rasputin akhirnya mati dalam tembakan jarak dekat di dahi, persis seperti di The King's Man.

Sebagian besar cerita ini berasal dari kisah Yusupov sendiri yang memang masih belum diverifikasi, selain bukti luka tembak di dahi Rasputin. Keadaan pasti kematiannya kemungkinan nggak akan pernah sepenuhnya terbukti karena minimnya fakta.

Namun, hubungannya dengan Romanov di The King's Man sangat sesuai dengan kejadian nyata, seperti banyak cara yang digunakan untuk mencoba membunuhnya. Hal ini membuat penggambaran The King's Man mendekati peristiwa nyata daripada yang mungkin kalian pikirkan, memberikan film ini suasana tambahan keaslian sejarah.(*)

 

Related Articles
Entertainment
Trailer Baru ‘The King's Man’ Kental dengan Nuansa dan Karakter Perang Dunia I

Current Issues
Para Pemimpin Dunia Kutuk Kerusuhan di Gedung US Capitol

Current Issues
Kasus Covid-19 Eropa Pecah Rekor, Tembus 100 Ribu Dalam Sehari