Tech

Siri Punya Suara Baru untuk Versi Beta iOS 15.4

Jingga Irawan

Posted on February 24th 2022

Versi beta terbaru iOS 15.4 milik Apple menambahkan American Voice kelima untuk Siri Voice Assistant. Dilansir The Verge pada Rabu (23/2), tampilan untuk pengguna Apple hanya menyebutnya "Voice 5," tetapi pengembang iOS, Steve Moser, mengatakan kalau nama filenya adalah "Quinn."

Suara tersebut dirilis kurang dari setahun setelah Apple menambahkan dua suara Siri versi American terakhir, dan berhenti menggunakan suara yang terdengar lebih pada seorang wanita secara default.

Menurut Axios, suara baru terdengar lebih netral gender daripada suara Siri sebelumnya. Apple mengkonfirmasi kalau suaranya memang direkam oleh anggota komunitas LGBTQ +, meskipun perusahaan nggak memberikan rincian lebih lanjut tentang identitas aktor suara.

Tahun lalu, salah satu suara Siri juga direkam oleh aktor berkulit hitam sebagai bagian bentuk komitmen lama perusahaan terhadap keragaman, toleransi dan inklusi.

“Kami senang memperkenalkan suara Siri baru untuk pengguna bahasa Inggris, memberi pengguna lebih banyak opsi untuk memilih suara yang berbicara kepada mereka,” kata Apple kepada Axios,mengacu pada komentar tentang suara American kelima yang baru.

“Jutaan orang di seluruh dunia bergantung pada Siri setiap hari untuk membantu menyelesaikan sesuatu, jadi kami berusaha untuk membuat pengalaman itu terasa sepersonal mungkin.”

Fitur baru lainnya yang disertakan dalam beta terbaru iOS 15.4 termasuk pemberitahuan privasi anti-stalking baru saat menyiapkan AirTags. Tanggal rilis resmi untuk perangkat lunak ini belum diumumkan, tetapi kabarnya akan tersedia secara luas bulan depan.(*)

 

Foto: Apple

Related Articles
Tech
iOS 16 Bakal Punya Fitur Always On untuk iPhone Terbaru

Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat

Tech
Masuki Industri Gaming, Apple Mulai "Sisihkan" Pesaingnya di App Store